JAKARTA - Menteri Budi Karya Sumadi meminta Kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan terhadap penumpang yang akan berwisata menggunakan kapal. Demikian disampaikan Menhub ketika meninjau Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke pada Sabtu (1/7).

"Saya minta kepada KSOP dan Syahbandar jangan asal berangkat tapi safety (keselamatan) itu harus menjadi perhatian," tegas Menhub.

Dalam kunjungannya, Menhub menyempatkan bertemu dan berbincang dengan penumpang Kapal Batavia tujuan Pulau Tidung serta menyerahkan life jacket kepada beberapa awak kapal serta memakaikan life jacket kepada beberapa penumpang.

"Tadi saya cek semua menggunakan life jacket mudah-mudahan kalau saya tidak kesini juga dipakai ya," ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan yang paling utama dalam keselamatan adalah memakai life jacket.

"Yang paling basic adalah kita harus menggunakan life jacket, yang kedua safety yang lain adalah tidak boleh merokok dan juga nakhoda kapal itu harus memiliki buku pelaut," terang Menhub.

Menurut data angkutan lebaran tahun 2017, penumpang yang menyebrang di Pelabuhan Kali Adem pada H-15 sampai dengan H+5 untuk penumpang naik mencapai 36.157 orang dan penumpang yang turun sebesar 22.544 orang.

Kedepan Menhub berharap jika safety diperhatikan, tidak akan ada kasus kecelakaan kapal seperti sebelumnya. Menhub juga meminta Ditjen Perhubungan Laut untuk mengawal kegiatan penyebrangan penumpang di Pelabuhan Kali Adem yang akan menuju ke Pulau Tidung dan sekitarnya.

"Saya minta temen-teman dari Ditjen Perhubungan Laut untuk mengawal secara ketat karena biasanya lebaran, tahun baru lonjakan penumpang yang ada disini banyak sekali. Kalau tidak dikawal akibatnya fatal. Kita tahu kapal-kapal di kali adem ini banyak sekali juga pengunjungnya banyak bahkan kemarin mencapai 5000 orang," jelas Menhub.

Pada kesempatan tersebut, Menhub juga menyempatkan diri untuk santap siang bersama awak kapal dan beberapa penumpang serta jajaran Kemenhub di ruang tunggu Pelabuhan Kali Adem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Perhubungan Laut Tonny A. Budiono, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok I Nyoman Gede Saputra, Kepala Syahbandar Tanjung Priok Marwansyah, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Robertus Yohanes De Deo. (LFH/TH/BS/JAB)