Badan Pengembangan SDM

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Pelatihan Penerbang, Kemenhub Gelar Diskusi Bersama TNI AU

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Selasa, 31 Januari 2017
Jumlah Dilihat: 1066 kali

Jakarta (31/1) Menindaklanjuti arahan Menteri Perhubungan untuk peningkatan tata kelola diklat dan kualitas lulusan, salah satunya peningkatan kompetensi instruktur, Kepala BPSDM, Wahju Satrio Utomo, menginstruksikan untuk melakukan inovasi-inovasi untuk peningkatan kualitas diklat.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) melaksanakan diskusi panel bersama TNI AU. Diskusi ini mengangkat tema Peningkatan kompetensi mengajar instruktur penerbang dengan penerapan airborne instructional technique.

Diskusi panel ini diikuti oleh Peserta dari Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, UP BU Budiarto Curug, Polisi Udara-Baharkam POLRI. Dinas Penerbang AL, BP3 Banyuwangi serta dihadiri juga peserta dari lingkungan internal STPI yang terdiri dari Sivitas Akademik, Pejabat Struktural dan Fungsional, Para Instruktur Penerbang serta unsur pendukung (aircraft maintenance organization, logistics and supports).

Dalam diskusi dibahas para pengelola Pendidikan dan Pelatihan penerbang baik manajemen, Instruktur penerbang maupun support diharapkan juga membuka peluang pemanfaatan sumberdaya (resources) untuk secara optimal dan saling menguatkan organisasi pendukungnya.

Marsma Ismet Saleh, Dirdik Kodiklat TNI, selaku narasumber mengatakan bahwa forum diskusi ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif dan pastinya bermanfaat, karena kegiatan ini berhubungan dengan investasi masa depan berupa sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Ismet menyisipkan harapan agar selain kegiatan ini dapat terus berlanjut, perlu direncanakan untuk skala lebih besar dan berdampak lebih luas.

Dalam kesempatan tersebut Ketua STPI Novyanto Widadi, S.IP. menyampaikan, diharapkan perubahan skill, knowledge dan attitude menuju tata kelola Sekolah penerbang yang maju, modern, dan mutahir dapat dihasilkan melalui berbagai usaha, dimana diantaranya adalah diskusi panel ini. Cultural Change dengan mengedepankan prinsip safety, security, services dan compliance harus terus dan selalu dikedepankan dalam membangun visi STPI menuju international center of excellences.

Letkol pnb Ali Sudibyo, Pamen Sopsau Mabes AU mengatakan bahwa

Forum Diskusi yang diadakan STPI merupakan ide yg sangat brilliant, sehingga kita bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan profesionalisme. Harapannya agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala dan melibatkan perwakilan dari penerbang sipil berbagai maskapai dan penerbang militer, serta sekolah- sekolah penerbangan di Indonesia.

Diskusi ini merupakan salah satu bentuk usaha STPI dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan dan Pelatihan Penerbang melalui benchmarking.