TANGERANG - Sejak berdiri pada tahun 1952 Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten telah meluluskan sebanyak 6.000 penerbang (pilot). Para pilot tersebut bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun swasta di dalam dan luar negeri.

Ketua STPI Curug Ir. Yudhi Sari Sitompul, MM mengatakan, STPI Curug merupakan institusi pendidikan vokasi di bidang penerbangan tertua dan terkemuka di Indonesia. STPI menjadi wadah pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang penerbangan bagi anak-anak bangsa di seluruh tanah air.

"STPI telah melahirkan sekitar enam ribu penerbang," ungkap Yudhi Sari usai Wisuda 127 lulusan dari berbagai jurusan di Kampus STPI Curug, Tangerang, Banten, Rabu (25/11).

Para penerbang lulusan STPI Curug diakui Yudhi Sari memiliki keunggulan ketika terjun ke dunia kerja yaitu disiplin tinggi dan etos kerja yang bagus.

Selain melahirkan para penerbang handal, lanjut Yudhi Sari, STPI Curug juga telah melahirkan puluhan ribu sumber daya manusia (SDM) di bidang penerbangan lainnya.

"STPI memiliki misi yang sangat penting dan mulia yaitu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu di bidang penerbangan untuk kemajuan bangsa Indonesia," ungkap Yudhi Sari.

Dalam sambutan wisuda 127 SDM di bidang penerbangan STPI Curug, Yudhi Sari mengatakan, kampus adalah wadah untuk pengembangan dan aktualisasi potensi intelektual. Sejak awal kelahiran, STPI memegang teguh norma "academic excellent" atau keunggulan akademik dengan ciri-cirinya yaitu cinta kebenaran, menjunjung tinggi azaz ilmiah, semangat dan komitmen yang tinggi untuk memajukan Iptek, menghormati perbedaan cara pandang dan terbuka untuk berdialog.

"Memegang norma academic excellent berarti menjunjung tinggi kejujuran, penuh inisiatif dalam proses pembelajaran serta bersikap kritis dan konstruktif dalam diakusi dan perdebatan," papar Yudhi Sari.

Namun Yudhi Sari mengingatkan, meskipun menjunjung tinggi norma academic excellent, STPI tidak berada di luar atau di atas masyarakat, melainkan STPI berada di tengah-tengah masyarakat dan hidup bersama dengan masyarakat.

"Sejarah menunjukkan bahwa STPI tumbuh dan berkembang dengan terus mengikuti perkembangan penerbangan dunia dengan terbukti tersedianya fasilitas sarana laboratorium yang lengkap dan telah melahirkan ahli-ahli penerbangan yang handal," papar Yudhi Sari. (SNO)