Badan Pengembangan SDM

STPI dan Garuda Indonesia Kerjasama Tingkatkan Kualitas SDM Penerbangan

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 30 Januari 2017
Jumlah Dilihat: 1674 kali

JAKARTA - Untuk meningkatkan kualitas SDM Penerbangan, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dengan PT. Garuda Indonesia sepakat untuk melakukan kerjasama pelatihan SDM Penerbangan bagi kedua belah pihak.

Perjanjian kerjasama ditandatangani oleh Ketua STPI Novyanto Widadi, S.IP. dan Direktur Utama PT. Garuda Indonesia Arif Wibowo yang disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Sumarno dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo, Senin (30/1), di Garuda Indonesia Training Centre Kosambi (GITC), Tangerang.

Bentuk kerjasama kedua belah pihak yaitu, pertama, pilot-pilot Garuda maupun Citilink dapat menggunakan simulator pesawat A320 milik STPI Curug untuk melakukan peningkatan rating/initial rating pilot. Kedua, siswa STPI Curung mendapatkan pelatihan program Hospitality di GITC untuk meningkatkan sikap-sikap seperti, keramahtamahan, tata krama, dan sikap perilaku yang baik dalam memberikan pelayanan transportasi.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPSDM Tommy menyampaikan, melalui kerjasama pelatihan Taruna STPI Curug di GITC diharapkan dapat mencetak SDM penerbangan yang selain, berwawasan lima Citra Manusia Perhubungan, juga mampu memberikan pelayanan prima secara humanis.

Sementara, dengan penggunaan simulator A320 di STPI Curung, dapat menjadi solusi alternatif bagi pilot-pilot yang baru lulus atau fresh gradute untuk meningkatkan ratingnya.

Perjanjian kerjasama antara STPI dan PT Garuda Indonesia ini adalah tindak lanjut dari MOU antara BPSDM Kemenhub dan PT Garuda Indonesia yang ditandatangani pada tahun 2012 lalu, perihal Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di Bidang Penerbangan. (HUMASBPSDMP)