(Jakarta, 23/4/2014)Menurut rencana yang sedang dilakukan, slot penerbangan di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur akan ditambah jumlahnya menjadi 74 kali dalam sehari. Untuk itu, kesempatan terbuka lebar bagi maskapai penerbangan yang akan memindahkan sebagian slot nya dari Bandara Soekarno Hatta ke bandara yang belum lama resmi dikomersialkan tersebut.

“Slot penerbangan yang telah diizinkan TNI Angkatan Udara (AU) selaku pemilik Bandara Halim Perdanakusuma sampai saat ini masih terbuka untuk semua maskapai penerbangan berjadwal,” jelas Herry di Jakarta, Selasa (22/4).

Ditambah lagi dengan rencana pembatalan pemindahan sebagian slot penerbangan maskapai Garuda Indonesia, maka semakin banyak peluang untuk memindahkan slot. Saat ini maskapai CItilink baru menggunakan 16 slot dari jumlah yang tersedia.Menurut Herry, dari perbincangan lisan dengan pihak Garuda, dikemukakan bahwa maskapai plat merah tersebut akan berkonsentrasi penuh di bandara Soekarno Hatta saja, karena dari hasil kajian yang dilakukan pihaknya, tidak efisien bila dilakukan pemindahan sebagian rute saja.“Saya sudah memeroleh laporan lisannya, namun belum secara tertulis,” kata Herry. Maskapai lain, lanjut Herry masih sangat memungkinkan untuk terbang dari Halim Perdanakusuma. Seperti misalnya Air Asia Indonesia yang pernah merencanakan perpindahan sebagian slotnya ke Halim, bisa segera direalisasikan pada April ini.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Garua Indonesia Pujobroto membenarkan bahwa pada awalnya Garuda memang mengajukan permohonan pengalihan rute penerbangan ke Halim Perdanakusuma. Setelah TNI AU memberikan sinyal positif, maskapai tersebut menginginkan 10 slot atau 20 penerbangan perhari. “Akan tetapi, dalam negosiasi, Kemenhub hanya memberikan delapan slot atau 16 penerbangan perhari,” kata Pujobroto.Menurut Pujobroto, Garuda kemudian akhirnya melakukan kajian yang pada kesimpulannya, bisa saja jatah slot tersebut dialihkan ke Citilink yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Grup. (CHA)