JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimis dengan penggunaan transportasi yang telah disiapkan untuk perhelatan besar Asian Games 2018 karena telah dilakukan uji coba beberapa kali. Hal ini disampaikan Menhub usai melakukan simulasi operasional bus atlet dari Wisma Atlet sampai Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (9/8).

"Saya optimis terkait penggunaan transportasi saat Asian Games nanti berjalan baik, karena sudah dilakukan uji coba beberapa kali. Sehingga untuk teknis di lapangan saya optimis. Saya juga meminta kepada semua tim yaitu Kementerian Perhubungan, Polri, INASGOC untuk bekerja sama dengan baik. Untuk mengetahui jelas apa yang harus kita persiapkan dengan baik," tutur Menhub.

Saat melakukan simulasi bus dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, memakan waktu tempuh kurang dari 30 menit, Menhub pun merasa puas dan berharap ini dapat terus dipertahankan demi menjaga stamina para atlet.

"Tadi kita berangkat dari Wisma Atlet Kemayoran jam 11.55 dan sampai di sini kurang dari 30 menit. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kakorlantas yang sudah mengatur dengan baik. Ini harus dipertahankan agar waktu tempuh yang diharapkan bisa terealisasi dengan baik," ungkap Menhub.

Namun, Menhub pun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar semua berjalan kondusif karena ini merupakan perhelatan besar.

"Kami juga tidak menutup kemungkinan kita melakukan evaluasi-evaluasi kebijakan yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar ada suatu fleksibilitas yang juga mementingkan masyarakat. Lalu, kalau waktu tempuh ke sini cuma 30 menit Insya Allah Indonesia bisa memenangkan banyak pertandingan. Inikan impresi Indonesia di mata dunia," imbuh Menhub.

Menhub juga menuturkan bahwa saat perjalanan simulasi ada sistem penutupan jalan. Nantinya akan ada pengaturan kendaraan truk akan dihilangkan serta adanya pengawalan untuk atlet, dan waktu-waktu penutupan jalan tol.

"Tadi kan saat simulasi sistemnya menutup beberapa jalan ya, kalau nanti akan ada kompensasi kendaraan truk yang kita hilangkan. Saat Asian Games jalanan juga akan kosong seperti saat simulasi tadi karena saat pagi atlet akan dikawal dan pintu tol juga akan ditutup sebelum mereka berangkat," pungkas Menhub.

Turut hadir pada Simulasi Bus Operasional Atlet Asian Games 2018 yaitu Kakorlantas Polri Irjen Pol. Royke Lumowa, Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono, dan pejabat terkait lainnya. (BNK/TH/RK/BI)