BATANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau jalur Tol Fungsional Jembatan Kali Kuto di Gringsing, Batang pada Rabu Siang (13/6). Jalur tol yang akan dibuka secara fungsional ini hanya bersifat sementara dan akan di konstruksi ulang setelah pemakaian untuk angkutan Lebaran 2018 ini selesai.

"Hari ini saya selaku koordinator menengok proses penyelesaian Kali Kuto. Disini kita melihat posisi jalan yang akan dibuka dengan lebar 4 meter. Tapi ini sifatnya sementara, karena hanya akan digunakan mulai hari ini selama arus mudik. Nanti setelah itu kita konstruksi ulang dengan konstruksi yang lebih besar," jelas Menhub.

Di dalam jalur Tol Fungsional Jembatan Kali Kuto ini akan ditambahkan tempat peristirahatan / rest area. Menteri Perhubungan akan melakukan koordinasi dengan Kapolri dan Jasa Marga untuk menetapkan jumlah rest area yang akan dibangun.

"Kita akan diskusikan dengan Kapolri dan Jasa Marga bagaimana memperbanyak tempat-tempat rest area. Nanti saya akan merapat dengan Polri untuk menetapkan paling tidak disini ada 5 - 10 rest area," jelas Menhub Budi.

Harapannya, dengan jalur tol fungsional yang dibangun ini akan lebih memperlancar arus balik. Menhub Budi juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Tol Fungsional Jembatan Kali Kuto.

"Saya secara pribadi selaku koordinator mengapresiasi semua pihak baik Kementerian PUPR, Waskita, Jasa Marga, Polri, dan semua pihak yang melakukan ini. Harapan kita nanti mudik balik akan jalan lebih lancar," tutup Menteri Perhubungan. (LNM/TH/RK/BI)