Badan Pengembangan SDM

1344 OFFICERS ARE INDUCTED IN INTEGRATED INDUCTION

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Jumat, 23 September 2011
Jumlah Dilihat: 3835 kali

(Jakarta, 22/09/2011) Sebanyak 1344 orang perwira, yang terdiri atas 323 perwira matra darat, 732 perwira matra laut, dan 289 perwira matra udara, dilantik pada wisuda terpadu tahun ini di lapangan silang Monumen Nasional, Kamis (22/9). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

Dalam sambutannya Menhub mengharapkan agar para taruna yang baru dilantik ini memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk menghadapi perubahan. Dalam penjabarannya kompetensi akademik berkaitan dengan kiat dan kemampuan metodologis-keilmuan dalam rangka penguasaan dan pengembangan iptek. Kompetensi profesional berkaitan dengan wawasan perilaku dan kemampuan penerapan iptek dalam realitas kehidupan. Kompetensi nilai dan sikap berkaitan dengan kemampuan untuk selalu menempatkan segala persoalan dalam kerangka nilai-nilai budaya serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan kompetensi untuk menghadapi perubahan yakni kemampuan untuk memahami makna dan hakikat suatu perubahan, kemampuan untuk mengantisipasi arah dan kecenderungan perubahan serta kemampuan mengelola dan memanfaatkan perubahan tersebut untuk mencapai keunggulan.

“Dengan mempertimbangkan keempat kompetensi tersebut, maka strategi pendidikan dan pelatihan di Badan Pengembangan SDM Perhubungan dapat lebih diarahkan pada upaya peningkatan mutu di berbagai sub sektor transportasi dan peningkatan relevansi dengan kebutuhan, baik kebutuhan menyangkut kebutuhan dunia kerja, maupun tantangan yang akan terjadi di masa depan dalam bidang transportasi,” tegas Menhub.

Lebih lanjut Menhub berharap pelantikan ini dapat memupuk persatuan dan jiwa korsa para perwira. “Saya berharap pelantikan perwira transportasi darat, laut dan udara ini dapat memupuk persatuan dan jiwa korsa sesama insan perhubungan, yang semuanya nanti mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama yaitu memberikan pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Bobby R. Mamahit menambahkan, seluruh taruna yang dilantik Menhub tersebut merupakan lulusan lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan transportasi darat, laut, dan udara, yang berada di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Perwira matra darat merupakan lulusan Diploma IV Transportasi Darat STTD Bekasi, Diploma III LLAJ STTD Bekasi, D III Perkeretaapian STTD Bekasi, D III LLASDP bpptd Palembang, D II PKB BPPTD Bali dan D II PKB BPPTD Tegal. Untuk matra laut, antara lain dari STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, BP3IP Jakarta, BP2IP Surabaya, BP2IP Tangerang dan BP2IP Barombong.  Sementara untuk matra udara, merupakan lulusan dari STPI Curug, ATKP Makassar dan  ATKP Medan, untuk program Diploma II dan III di berbagai kompetensi. (HH)