JAKARTA – Usai mengunjungi Dermaga Kali Adem di Pelabuhan Muara Angke, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi langsung menuju ke Stasiun Senen. Menhub mengatakan sampai dengan hari Minggu (17/6) atau H+1, arus mudik lebaran tahun 2018 masih terjadi di Stasiun Senen.

“Saya ke Stasiun Senen ingin memastikan bahwasanya kegiatan mudik disini berjalan lancar. Terpantau masih ada arus mudik sampai dengan hari ini. Setiap harinya ada 25 ribu penumpang kereta api dan semuanya penuh (terisi),” jelas Menhub di Stasiun Senen pada Minggu (17/6).

Dalam kunjungannya, Menhub juga melakukan pengecekkan di loket pemesanan tiket kereta api. Terlihat masih adanya aktifitas pemesanan serta pembelian tiket oleh calon penumpang kereta api.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan akan meningkatkan kapasitas kereta api baik jarak jauh maupun jarak menengah.

“Karena permintaan (pengguna jasa) kereta api itu banyak, tadi saya diskusi dengan Kadaop 1 Jakarta bagaimana meningkatkan komuter sehingga kapasitasnya bisa naik. Minggu depan akan saya rapatkan bagaimana mengganti sistem sinyal, bagaimana proses pembangunan DDT (Double Double Track). Dua kunci ini harus dilakukan agar kapasitasnya bisa naik satu setengah kali lipat,” terang Menhub.

Menhub mengatakan untuk menambahkan kapasitas pada kereta jarak menengah diperlukan diperlukan kerapatan sistem sinyal. Sedangkan pada kereta jarak jauh harus dilakukan investasi atau penambahan pada sarananya sehingga dapat menampung jumlah pengguna kereta api lebih banyak.

Turut mendampingi dalam kunjungan Menhub diantaranya Direktur Sarana Perkeretaapian Makjen Sinaga dan Kepala Daop 1 Jakarta R. Dadan Rudiansyah. (LFH/TH/RK/BI)