Berita Umum

Rumuskan Strategi Pemenuhan Kebutuhan SDM Transportasi Tahun 2020 -2024 BPSDM Perhubungan Gelar Rakornis Bersama Stakeholder Transportasi

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 09 Desember 2019
Jumlah Dilihat: 993 kali

Jakarta (9/12) - Dalam rangka mensinergikan rencana pengembangan SDM Transportasi antara Badan Pengembangan Sumber Daya Perhubungan (BPSDMP) dan stakeholder sektor Transportasi serta perumusan strategi pemenuhan kebutuhan SDM Transportasi Tahun 2020-2024, BPSDMP akan menyelenggarakan Rapat Kordinasi Teknis (Rakornis) di Hotel Merlyn Park Jakarta, tanggal 10-11 Desember 2019.

Rakornis kali ini mengangkat tema “Pengarusutamaan Pengembangan SDM Dalam Mendukung Konekvitas Keselamatan Transportasi”, hal ini sesuai arahan Presiden RI dalam pidato politik 5 program prioritas nasional, dimana pembangunan sumber daya manusia, merupakan salah satu prioritas nasional yang harus ditindaklanjuti oleh semua Kementerian/Lembaga.

Kepala BPSDMP, Umiyatun Hayati Triastuti mengungkapkan, dalam kegiatan ini akan dirumuskan strategi untuk pemenuhan kebutuhan SDM Transportasi 2020 – 2024 antara BPSDMP dengan para Stakeholder di sektor transportasi sebagai langkah mewujudkan link and match. Sehingga konsep link and match di sekolah vokasi transportasi BPSDMP akan disesuaikan dengan kebutuhan riil di lapangan.

"Dibutuhkan Sinergitas dan koordinasi antara pemerintah (regulator), operator dan industri dalam penyusunan renstra Kemenhub 2020-2024 dalam pembangunan SDM transportasi kedepannya sehingga link and match antara suply, jumlah, kualitas kompetensi SDM nya dengan demand yang berkembang didunia industri transportasi." ungkap Hayati.

Melalui Rakornis ini, Hayati berharap dapat menghasilkan output yaitu, tersusunnya rencana program, strategi dan arah kebijakan pengembangan serta pemenuhan kebutuhan SDM Transportasi, terwujudnya pelayanan jasa transportasi yang handal dan selalu mengutamakan keselamatan para pengguna jasa, dan identifikasi kebutuhan kompetensi yang selaras dengan kebutuhan stakeholder sehingga dapat mendukung Fokus Agenda Menteri Perhubungan yaitu terciptanya “Sinergi Membangun SDM Transportasi dalam Wujudkan Konektivitas dan Keselamatan Transportasi serta Transportasi Unggul Untuk Indonesia Maju”.

Rakornis BPSDMP mengundang beberapa pembicara, yaitu Direktur Utama AIRNAV Indonesia, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Direktur Utama PT. MRT, Direktur Utama PT Pelindo II, Direktur Utama Trans Jakarta, Direktur PT. Deloitte Konsultan Indonesia, CEO Ruang Guru, dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal.

Peserta Rakornis BPSDMP akan dihadiri 400 orang terdiri dari Pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Atase Perhubungan, Direktur Utama BUMN dan Asosiasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan.