(Jakarta,5/5/2014) - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Ausitria menanda tangani kerjasama kesepahaman (Memorandum of Understanding - MoU) di bidang transportasi. Naskah kerjasama ditanda tangani oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia EE Mangindaan dan Menteri Transportasi Inovasi dan  Teknologi Austria Dores Bures  di Jakarta, Senin.

Kesepakatan tersebut meliputi kerjasama di sektor transportasi, infrastruktur transportasi dan kerjasama teknis serta pertukaran pengalaman. Sedangkan  ruang lingkup kegiatan kerjasama meliputi perencanaan dan desain di bidang transportasi, kerjasama teknis di bidang transportasi, pengembangan, konstruksi, supervisi, dan manajemen di bidang transportasi, transportasi antar moda serta keselamatan dan keamanan transportasi, sesuai dengan Perjanjian Internasional yang berlaku dan mengikat bagi kedua Pihak.

Lingkup kerjasama juga meliputi transportasi dan  perlindungan lingkungan hidup, teknologi transportasi, penelitian dan pengembangan serta manajemen data dan informasi di bidang transportasi.

Tindak lanjut dari kerjasama tersebut, kedua pihak akan membentuk kelompok kerja bersama yang akan ditugaskan dengan verifikasi kriteria yang berbeda, pengawasan realisasi proyek dan penghapusan kendala-kendala yang mungkin  timbul pada waktu menerapkan ketentuan di dalam Nota.

Kelompok kerja bersama akan melaksanakan pertemuan secara bergantian di Austria dan Indonesia serta berdasarkan permintaan dari salah satu pihak dari Nota.
Kelompok kerja bersama akan mengolaborasi dan memberikan informasi kegiatan terbaru serta melakukan pengawasan melalui pertemuan rutin  dari proyek kerjasama.

Lembaga pelaksana kerjasama tersebut dari pihak Indonesia adalah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kerjasama tersebut. Sedangkan dari Austria adalah Kementerian Transportasi, Inovasi dan Teknologi Republik Austria (BMVIT) bersama dengan koordinator proyek sektor terkait yang diusulkan oleh BMVIT.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, kerjasama antara Indonesia dan Austria sudah lama terjalin. Banyak bantuan dari Austria kepada Indonesia dalam pengembangan transportasi kereta api dan transportasi udara. "Austria memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang transportasi. Kita mencontoh Austria mengenai manajemen transportasi," papar Menhub. (SNO).