Tangerang – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya terhadap para pelaku di dunia penerbangan serta dalam upaya pemenuhan rekomendasi badan penerbangan dunia International Civil Aviation Organization atau ICAO dan Federal Aviation Administration (FAA), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menyelesaikan pembangunan Gedung Operasional Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Senin (6/2) pagi meresmikan langsung gedung operasional yang berada wilayah perkantoran Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Dalam sambutannya, Menhub Budi mengatakan DKUPPU adalah garda terdepan dalam mewujudkan keselamatan penerbangan oleh karenanya DKUPPU diminta untuk melakukan pengawasan secara intensif dan random. "Dari segi keselamatan DKUPPU yg terdepan di perhubungan udara lakukanlah secara intensif dan random," kata Menhub.

Menhub Budi menjelaskan, perkembangan dunia penerbangan tanah air yang begitu pesat menjadikan tanggung jawab keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan yang merupakan tanggung jawab Kemenhub menjadi semakin tinggi. Menhub menegaskan pihaknya tidak akan mengancam pihak-pihak terkait dalam upaya penegakan aturan keselamatan penerbangan. Menhub berharap ada kerjasama yang baik antara regulator (Kemenhub) dengan operator penerbangan.

“Para operator bandara dan airline kita bekerjasama, saya berjanji tidak ada ancam-mengancam, tetapi berikanlah kontribusi maksimal untuk keselamatan, saya yakin kerjasama yang rendah hati itu lebih membuahkan hasil daripada saling mengancam, tidak jamannya lagi ancam mengancam tapi kesadaran sendiri kita berikan layanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Menhub meminta agar sekat-sekat birokrasi untuk ditinggalkan dan bersama-sama memberikan kontribusi untuk kebaikan dunia penerbangan ke depannya, “sekat-sekat birokrasi tolong ditinggalkan dan marilah kita bersama-sama, saya minta kepada swasta-swasta maupun BUMN memberikan kontribusi untuk kebaikan-kebaikan ini,” pinta Menhub.

Usai menggunting pita sebagai tanda diresmikannya gedung operasional ini, Menhub Budi sempat mengajak Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang turut hadir saat itu untuk mengecek ruangan pengurusan administrasi.

"Coba Bu Susi bawa dokumen dan saya yang langsung urus," kata Menhub.

Menteri Susi menanggapi serius permintaan Menhub dengan keluhan terkait lamanya proses pengurusan izin.

Ungkapan ini lansung ditindaklanjuti Menhub dengan meminta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk mewujudkan permintaan publik ini.

"Tuh Pak Dirjen, suara Bu Susi itu suara konsumen, jadi harus diberikan pelayanan yang baik," jelasnya.

Sementara itu, dalam laporannya Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo mengatakan Gedung Operasional DKUPPU dibangun di atas lahan 4000 m² dengan luas bangunan 9500 m². Selain untuk meningkatkan kinerja pegawai DKUPPU, Suprasetyo mengatakan pembangunan ini dilakukan untuk pemenuhan rekomendasi atas temuan tim audit ICAO dan FAA terhadap sarana dan prasarana DKUPPU yang ada sebelumnya.

“Temuannya antara lain penyimpanan dokumen sertifikasi pesawat udara, personil operasi dan teknik penerbangan tidak memenuhi standar keamanan dengan sistem penyimpanan yang tahan api dan kedap air, ruang pegawai yang sesak, tidak memiliki ruang ujian bagi pemohon lisensi penerbangan, tidak tersedia class room bagi pegawai, ruang rapat yg terbatas dan ruang public service tidak tersedia,” ungkapnya.

Suprasetyo berharap dengan pengoperasian gedung ini dapat meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Ditjen Perhubungan Udara untuk lebih memberikan pelayanan dan keselamatan bagi pegawai sektor penerbangan. Selain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut hadir dalam peresmian tersebut Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Muzaffar Ismail, dan sejumlah stakeholder penerbangan lainnya. (GD/TH/BS/JAB)