(Makassar, 21/3/2013) Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Ir. Santoso Eddy Wibowo, M.Si., melantik 158 Perwira Pelaut Niaga lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, pada hari Kamis (21/3) di kampus PIP Makassar. Lulusan yang terdiri dari 86 orang jurusan Nautika dan 72 orang jurusan Teknika ini, merupakan peserta diklat Diploma IV Pelayaran yang telah berhasil menyelesaikan studi di PIP Makassar. “Wisuda bukanlah tujuan akhir, akan tetapi merupakan awal dari perjalanan saudara”, ungkap Eddy Wibowo dalam sambutannya pada acara tersebut.

 
Eddy Wibowo menyampaikan kepada para wisudawan, bahwa tuntutan kualitas, kompetensi dan keunggulan daya saing merupakan kekuatan kunci dalam memenangkan dan merebut pasar global yang sangat ketat dan selalu menjadi tantangan bagi para lulusan diklat pelayaran. Oleh sebab itu, Eddy Wibowo berpesan, agar para wisudawan tidak berpuas diri terhadap ilmu yang diperoleh selama pendidikan, namun selalu beradaptasi secara terus menerus terhadap perkembangan ilmu dan teknologi di bidang transportasi yang berkembang sangat pesat.
 
Lebih lanjut Eddy Wibowo menyampaikan, bahwa untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengatasi tantangan dan merebut pasar global, penerapan ketentuan dan kebijakan pemerintah serta penerapan konvensi internasional pada setiap lembaga pendidikan dan pelatihan merupakan hal yang mutlak. “Semua ini harus dilaksanakan sebagai jaminan bahwa mutu lulusan mampu memenuhi kualifikasi nasional dan internasional”, ungkapnya. Hal tersebut dijawab oleh Direktur PIP Makassar, Capt Edy Santoso, MM., dalam lamporannya yang menyatakan bahwa PIP Makassar telah melakukan Peningkatan kompetensi dosen sebagai wujud pelaksanaan konvensi pelayaran internasional.
 
“Sebagai respon untuk  menjawab kebutuhan nasional dan internasional, serta tren perkembangan dalam bidang transportasi, PIP Makassar telah merealisasikan kebijakan pemerintah dan konvensi internasional dalam penyelenggaraan diklat, dalam wujud peningkatan kompetensi dosen yang telah dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepakatan dengan beberapa perguruan tinggi nasional”, ungkap edy santoso.
 
Selain itu, Edy santoso juga menjelaskan bahwa PIP Makassar pada tahun 2013 akan membuka Diklat Pelaut Tingkat I, yaitu ANT. I dan ATT.  I, sebagai wujud pemerataan  pendidikan dan penyediaan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya wilayah timur Indonesia, untuk memperoleh pendidikan. Sebagaimana diamanatkan oleh pasal 4 UU nomor 20 tahun 2013.
 
Adapun perwira yang meraih predikat wisudawan berprestasi adalah Andi Dennuang Tenri Dolong Wijaungi dari jurusan Nautika, dan Muhammad Hatta dari Jurusan Teknika.
 
Guna mencukupi kebutuhan akan perwira pelaut, BPSDM Perhubungan terus mengembangkan lembaga diklat pelayaran di berbagai daerah di Indonesia. Dimana tahun ini dilakukan di Propinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Barat.(EA)