(Jakarta,24/7/2014) Jumlah peserta mudik gratis pengguna sepeda motor dengan bus (untuk orang) dan truk (untuk motor) yang diberangkatkan oleh Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan di halaman barat daya Silang Monas Jakarta, Kamis (24/7) mencapai 4.937 orang. Jumlah tersebut melebihi kuota yang ditargetkan Kemenhub sebanyak 4.800 orang.

Menhub EE Mangindaan mengatakan, terlampauinya kuota tersebut menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas mulai meningkat. " Kesadaran masyarakat terhadap keselamatan berlalu lintas mulai meningkat," ungkap Menhub.

Menhub mengatakan, pemerintah memberi perhatian kepada para pemudik yang menggunakan sepeda motor, selain untuk mengurangi kepadatan di jalan juga memiliki potensi terjadinya kecelakaan. " Sebanyak 70 persen kecelakaan melibatkan sepeda motor," papar Menhub.

Selain itu, dengan adanya sepeda motor yang diangkut melalui truk, maka sepeda motor mereka bisa digunakan untuk bersilatrrahim dengan sanak saudara di kampung halaman.

Sepeda motor milik para pemudik, telah diangkut lebih dulu Rabu (23/7)  dengan truk menuju daerah tujuan masing-masing, sehingga tiba lebih dulu. Selanjutnya, para pemakai motor tersebut menggunakan motornya menuju tempat tinggal mereka.

Para pemudik tersebut diberangkatkan menggunakan bus - bus pariwisata yang berpendingin ruangan (AC), sehingga memberi kenyamanan untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Bus - bus tersebut disewa dari perusahaan otobus antara lain, Bima Suci,Arimbi,  Safari Dharma Raya, Damri dan RedWhite Star.(SNO).