(Bekasi, 5/9/2013) Perwira Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) harus siap berperan di daerah-daerah. Hal tersebut lantaran hingga saat ini masih banyak aparat sub sektor Perhubungan Darat di daerah masih banyak yang berasal dari berbagai disiplin ilmu dan latar belakang pendidikan berbeda-beda.

 
Menurut Kepala Badan Pengembangan sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan Santoso Eddy Wibowo, lulusan STTD 'dituntut' untuk bisa berkolaborasi dan bekerja sama dalam sistem jaringan kerja yang terbentuk di daerah.
 
"Kalian harus senantiasa mencari pengalaman di lapangan dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan untuk menghadapi hal-hal baru," ujar Eddy dalam Wisuda 288 Perwira Transportasi Darat periode 2013 STTD di Bekasi, Kamis (5/9/2013).
 
Dengan menambah pengetahuan dan wawasan menurut Eddy maka para lulusan STTD dapat mengikuti perkembangan terbaru dan mewarnai perkembangan sistem transportasi darat yang sudah ada saat ini.
 
Dalam kesempatan itu, Eddy juga menekankan agar seluruh jajaran Perhubungan dapat menjaga rasa kebersamaan dan meningkatkannya dari waktu ke waktu. Selain itu juga meningkatkan prestasi serta pengabdian untuk kinerja perhubungan di masa yang akan datang.
 
Ketua STTD Christiono dalam sambutannya menegaskan bahwa kepada seluruh lulusan STTD, tahap penyelesaian pendidikan di sana bukanlah merupakan akhir, namun sebagai awal dari pembelajaran dalam mengimplementasikan secara nyata pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa pendidikan.
 
"Pengakuan masyarakat terhadap kemampuan atas pengetahuan dan keterampilan kalian sangat penting untuk dijadikan pemicu untuk terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki," kata Christiono.
 
Dalam wisuda kali ini, STTD mewisuda 96 lulusan Diploma IV Transportasi Darat, 53 Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, 24 lulusan Diploma III Perkeretaapian, 55 orang Diploma III Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan, serta 60 lulusan Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor. (CHAN)