(Jakarta, 6/10/2011) Pertemuan ke-22 ASEAN Maritime Transport Working Group Meeting (The 22nd AMTWG) diselenggarakan di Penang, Malaysia pada tanggal 5-7 Oktober 2011. Pertemuan tersebut didahului dengan seminar ASEAN-IMO OSRAP yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Oktober 2011 di tempat yang sama. Delegasi Indonesia pada forum tersebut dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut.

MTWG merupakan pertemuan tingkat working group ASEAN di bidang perhubungan laut (maritime) yang diadakan dua kali dalam satu tahun. Sedangkan setiap periode tuan rumah berlangsung selama 2 tahun. Malaysia telah menjadi tuan rumah MTWG periode tahun 2010-2011. Untuk periode mendatang Myanmar akan bertindak sebagai tuan rumah.

Agenda MTWG ke-22 antara lain Roadmap Towards An Integrated And Competitive Maritime Transport In ASEAN, Guideline on the Operational Procedure of Marine Casualty and Marine Incident Investigation, Kerjasama dengan Private Sector Organizations, kerjasama dengan negara mitra wicara dan kerjasama IMO-ASEAN.

Di mata agenda kerjasama dengan Private Sector Organizations, akan dilaporkan kegiatan ASEAN Federation of Forwarders Associations (AFFA), ASEAN Ports Association (APA) dan Federation of ASEAN Shipowners’ Associations (FASA).

Sedangkan mata agenda kerjasama dengan negara mitra wicara akan dilaporkan kerjasama negara mitra wicara dengan ASEAN, yaitu China (ASEAN-China ASEAN-China Transport Cooperation dan The Seventh Meeting of ASEAN-China Maritime Consultation Mechanism), Jepang (ASEAN-Japan STOM Leaders Conference dan Perkembangan implementasi Manila Action Plan) dan Republic of Korea-ROK (ASEAN Maritime Integration Roadmap dan ASEAN and ROK Transport Forum). (RDS)