Jakarta – Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) akan menyelenggarakan Seminar Kebangsaan yang bertajuk “Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Seminar tersebut bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan mencegah penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Seminar kebangsaaan akan diselenggarakan pada Rabu, 7 Agustus 2019 di Hall Basket Senayan, Jakarta. Akan hadir sebagai pembicara utama yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya sumadi, Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan RI Hengki Angkasawan di Jakarta, Rabu (7/8).

Hengki mengatakan, beberapa waktu lalu fasilitas transportasi yang merupakan fasilitas publik dijadikan tempat pertemuan antara Presiden Terpilih Joko Widodo dengan Prabowo Subianto pada, 12 Juli 2019 lalu. Pertemuan kedua tokoh tersebut merupakan simbol dari bersatunya kembali rakyat Indonesia pasca berlangsungnya pilpres 2019.

“Kami, sebagai insan perhubungan bangga saat pertemuan Jokowi dan Prabowo dilakukan di MRT. Tandanya sektor perhubungan ikut andil dalam mempersatukan bangsa dan negara,”ujar Hengki.

Latar belakang diselenggarakannya Seminar Kebangsaan yaitu melihat kondisi adanya pemahaman-pemahaman di luar nilai-nilai Pancasila yang dapat menggoyangkan keutuhan bangsa. Melalui seminar tersebut, diharapkan dapat mengingatkan warga negara Indonesia untuk senantiasa bertumpu pada Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari; Pancasila, Undang-undang dasar, Negara Kesatuan Republika Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Seminar Kebangsaan ini juga dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang mengundang sekitar 2000 masyarakat untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Selain tiga pembicara utama, turut hadir pula beberapa tokoh dan selebritas seperti : Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan, Mayjen TNI (Purn) DR. I Putu Sastra Wingarta, Dedy Corbuzier, KH Gus Miftah, Krisdayanti dan Ita Purnamasari.

“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam seminar tersebut, dapat mendaftar secara online melalui link https://bit.ly/DaftarSeminarKebangsaan. Kami tunggu partisipasi masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik,” tandas Hengki. (LKW/RDL/YSP/HA)