JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Senin (16/9). Kegiatan yang rutin dilakukan tahunan ini adalah dalam rangka Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019.

Kegiatan diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan kusuma bangsa dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga. Usai memimpin upacara, Menhub dan rombongan melakukan tabur bunga ke makam para pahlawan.

“Ziarah ini menjadi bagian dari peringatan Hari Perhubungan Nasional untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah mendahului kita, khususnya pahlawan-pahlawan yang telah berjasa di bidang transportasi,” jelas Menhub.

Adapun Menhub melakukan tabur bunga ke makam Alm. BJ. Habibie, Almh. Ainun Habibie, serta ke makam para tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan yaitu Alm. Roesmin Noerjadin dan Alm. Sutopo.

Peserta upacara ziarah berjumlah sekitar 200 orang yang berasal dari ASN Kementerian Perhubungan, dan stekholder Perhubungan seperti Basarnas, Pelindo dan Airnav.

Sebagai informasi sejarah Hari Perhubungan Nasional adalah bahwa sejak sebelum 1971, BUMN sektor transportasi merayakan hari jadi atau hari bakti masing-masing dalam waktu yang berdekatan. Pada tanggal 26 Agustus 1971, guna mengefisienkan waktu dan biaya Menteri Perhubungan Frans Seda mengeluarkan keputusan No. SK/274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan Nasional. Sejak saat itu hari jadi atau hari bakti BUMN sektor transportasi disatukan menjadi Hari Perhubungan Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 September.

Hari Perhubungan Nasional ini merupakan hari bakti nyata para insan transportasi yang telah bekerja keras mewujudkan konektivitas transportasi di seluruh wilayah Indonesia dan memberikan pelayanan jasa transportasi yang selamat, aman dan nyaman.(HH/RDL/YSP/HA)