(Jakarta, 14/7/2014) Menteri Perhubungan, E. E. Mangindaan menghimbau kepada masyarakat khususnya yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor agar dapat memanfaatkan program mudik gratis sebaik-baiknya. Ia berharap dengan banyaknya masyarakat yang berpartisipasi, dapat mengurangi kepadatan jalan dan kecelakaan pada masa angkutan lebaran tahun ini. Hal tersebut disampaikaan Menhub saat memimpin Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran 2014 di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (14/7).

Menhub mengatakan, guna mengurangi kedua dampak tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan program “Mudik Gratis Dengan Mengunakan Kapal” bagi para pemudik yang menggunakan roda dua (motor).

"Mudik Gratis ini akan mengangkut para pemudik dan sepeda motornya melalui rute Pelabuhan Tanjung Priok – Tanjung Emas, Semarang dan Pelabuhan Tanjung Priok – Pelabuhan Panjang," jelasnya.

Pendaftaran program mudik gratis dengan kapal ini telah dibuka mulai 1 Juli 2014 sampai dengan 16 juli 2014 dan animo masyarakat untuk mengikuti program ini sangat besar. Terhitung di hari kelima pendaftaran (5 Juli 2014), kuota keberangkatan dua tahap yakni 24 dan 26 Juli 2014 sudah terpenuhi yakni masing-masing kapal sebanyak 1.250 sepeda motor.

Untuk pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang akan dilaksanakan pada tanggal 24 dan 26 Juli 2014 dan kembali dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 2 dan 4 Agustus 2014. Sedangkan untuk pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2014 dan kembali pada tanggal 2 Agustus 2014. (RDH)