Direktorat Jenderal Perkeretaapian

PEMERINTAH BERUPAYA TINGKATKAN KAPASITAS KERETA API

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Sabtu, 29 Juli 2017
Jumlah Dilihat: 1412 kali

JAKARTA – Melihat tingginya minat masyarakat untuk naik moda kereta api, Pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas kereta api di Indonesia. "Tingginya minat masyarakat ini jadi dorongan bagi Pemerintah untuk memikirkan bagaimana kapasitas kereta api Indonesia harus ditingkatkan, apakah dengan menambahkan commuter line Jabodetabek atau kereta destinasi favorit seperti Jogja dan Bandung itu kita tingkatkan atau dengan cara lain," ujar Menhub ketika ditemui usai pembukaan KATF (Kereta Api Indonesia Travel Fair) di Jakarta Convention Center Senayan, Sabtu (29/7).

Tingginya minat masyarakat pada moda kereta api, diterangkan Menhub karena level of service-nya yang prima. "Kereta api itu sangat dicintai dan digemari masyarakat karena level of servicenya sudah prima. Saya selalu dikomentari 2 (dua) hal, yaitu layanan kereta api bagus, tapi saya tidak dapat tiket. Artinya minat kereta api bagus, tapi di sini ada suatu kapasitas yang kurang," terang Menhub.

Pada kesempatan tersebut Menhub juga memberikan apresiasi kepada PT KAI (Persero) atas terselenggaranya KATF 2017. Menurutnya, program ini dapat meningkatkan pariwisata di daerah.

"Acara ini perlu kita apresiasi. Program ini kreatif. Luar biasa. Kita bisa jual tiket sekarang supaya dimanfaatkan untuk meningkatkan pariwisata di daerah. Kita harus menolong kota-kota kedua kita seperti Tegal, Brebes, Cirebon, supaya dipenuhi dengan wisatawan. Sekali lagi selamat untuk PT KAI,' tambah Menhub

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Sumarno juga mengungkapkan rasa bangga terhadap acara KATF ini.

"Saya dan Pak Menhub sangat bangga lihat KATF ini, ternyata animo masyarakat begitu besar. Tadi saya ngobrol, ada yang antri dari jam 3 pagi. Harga tiket yang ditawarkan di program ini juga bagus sekali. Misalnya, kereta rute Jakarta-Yogyakarta harganya 120 ribu itu eksekutif. Jadi, inilah kesempatan masyarakat untuk beli tiket murah dan (tiket kelas) eksekutif," ujar Rini.

Sementara itu Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro menyampaikan salah satu tujuan program KATF 2017 adalah untuk mendukung program Pemerintah memajukan pariwisata lokal.

"KATF baru pertama kali dilakukan di tahun 2017. Tujuannya kami ingin tingkatkan loyalitas pelanggan dan mendukung program Pemerintah untuk memajukan pariwisata lokal," jelas Edi.

Kereta Api Indonesia Travel Fair (KATF) 2017 diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 29-30 Juli 2017 di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Lebih dari 600.000 tiket dijual dengan relasi khusus dan tarif khusus sebagai harga kaget liburan berkereta. Tiket dapat digunakan mulai dari 7 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2017. (CRA/TH/BS/JAB)