(Jakarta, 06/07/09) Sekitar empat ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Departemen Perhubungan dapat menikmati pelayanan Medical Check-Up dan Pap Smear Gratis mulai tanggal 6 – 16 Juli 2009. Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pegawai, yang mengangkat tema “Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat” tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Dephub, Moh. Iksan Tatang, Senin, 6 Juli 2009 di Ruang Mataram, Kantor Departemen Perhubungan.

 

Dalam sambutannya, Sesjen Dephub menghimbau agar segenap pegawai Dephub dapat memanfaatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, yang merupakan hasil kerjasama Departemen Perhubungan dengan PT. ASKES (Persero) dan Omni Medical Center (Omni Hospital) Pulomas ini, dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. 

“Jika kita sehat, maka kita akan dapat lebih bergairah dan bersemangat dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai PNS. Hasil pemeriksaan medical check up juga dapat memotivasi diri kita untuk lebih menjaga kesehatan,” ujar Sesjen.



Sementara itu, menurut laporan yang disampaikan oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Dephub, Soesilo Hadi, diharapkan kurang lebih 500 orang pegawai di lingkungan Dephub memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis ini setiap harinya, karena Departemen Perhubungan mendapatkan kuota 4000 orang, dan bahkan akan tetap dilayani jika lebih. Hal senada juga disampaikan oleh  Kepala Seksi Hubungan Pelanggan PT. ASKES (Persero) Jakarta Pusat, Des Fauzi Umar.



“Program Medical Check Up dan Pap Smear Gratis ini merupakan bagian dari program ASKES  preventif dan promotif. Kuota untuk medical check up PNS se-Jakarta Pusat adalah 16.000 PNS. Sampai dengan 30 Juli 2009 ini harus tercapai 16.000 PNS yang mendapatkan medical check up. Departemen Perhubungan sendiri mendapatkan kuota 4000 orang. Namun demikian, kami tetap siap melayani jika jumlah pegawai Dephub yang membutuhkan medical check up lebih dari kuota yang telah ditetapkan,” jelasnya.



Setiap hari pada tanggal 6 – 16 Juli 2009 (kecuali tanggal 8 Juli karena PEMILU dan hari libur Sabtu-Minggu) mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, para pegawai dapat memeriksakan diri mereka kepada Tim Dokter, yang dikepalai oleh Kepala Bagian Medical Check Up Omni Medical Center (Omni Hospital) Pulomas, Dr. Jimmi M. P. Aritonang. Dr. Jimmi menjelaskan bahwa bagi yang tidak sempat untuk memeriksakan dirinya di kantor, mereka dapat juga datang ke Omni Hospital untuk diperiksa di sana.



“Pegawai yang tidak punya waktu atau tidak sempat untuk check up di Kantor Dephub, dipersilakan datang ke Omni Hospital dan akan dilayani gratis dengan paket ASKES yang sama. Namun, pelayanan ini hanya diberikan sesuai jadwal penyelenggaraan yang telah ditentukan yaitu mulai tanggal 6 Juli sampai 16 Juli,” ujarnya.



Dalam kesempatan tersebut, Sesjen Dephub juga menyampaikan harapannya kepada PT. AKSES (Persero) untuk terus berkembang dan tumbuh menjadi lebih baik serta proaktif dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap Pegawai Negeri Sipil. Turut hadir dalam acara tersebut, Drg. Fajriadi Nur, MM., Kepala Regional IV PT. ASKES (Persero) dan Dr. A. Nandi Wahyu Satari, Kepala Cabang PT. ASKES (Persero) Jakarta Pusat. (RD)