Badan SAR Nasional

Pelatihan Potensi SAR Kupang Tahun 2013

SYSTEM - Jumat, 26 April 2013
Jumlah Dilihat: 1820 kali

 

 

KUPANG – Kantor Sar Kupang melaksanakan Pelatihan potensi  SAR pada hari Rabu (23/4/2013) hingga Jumat (26/4/2013) di Alfa Omega Tarus Kabupaten Kupang Tengah. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, (Thomas Sonbait), yang hadiri oleh Korem 161/WSA Kupang, Lantamal VII Kupang, Lanud Eltari Kupang, Yon Marinir Kupang, Lanudal Eltari Kupang, Sat Radar Buraen Kupang, Polres Kabupaten Kupang, Kadis hubungan komunikasi dan telekomunikasi. 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting di samping sebagai proses pembelajaran, juga akan terjadi koordinasi di antara para peserta sehingga dapat menyatukan pola pikir dan pola tindak dalam penanggulangan bencana  serta musibah lainnya

Pelatihan potensi SAR tahun 2013 ini diikuti oleh 53 orang peserta, yakni Koramil 1604-01 Kupang, Korem 161/WSA Kupang, Lantamal, Lanud Eltari Kupang, Yonmarhanlan, Lanudal, Kodim 1604 Kupang, Sat Radar 241, Polsek Kupang tengah,  Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Satuan Polisi Pamong Praja Kaupaten Kupang, BPBD Kabupaten Kupang, Kesbangpol Kabupaten Kupang, PMI Kabupaten Kupang, Orari Kupang, Warga Desa Mata Air dan Warga Desa Kelurahan Tarus. 

Dalam laporannya  ketua panitia penyelenggara pelatihan potensi SAR, Supriyanto Ridwan,S.E. menyampaikan  maksud dan tujuan dari  pelatihan dasar potensi SAR di wilayah Kabupaten Kupang tengah tahun 2013 adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, dan ketrampilan SAR tingkat dasar kepada potensi SAR di wilayah Kabupaten Kupang baik dari instansi pemerintah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan di bidang kemanusiaan. Disamping itu juga dapat membentuk tenaga SAR yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan mental di bidang teknik pencarian dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar pada saat terjadi musibah dan bencana.

Kepala Kantor SAR kelas B Kupang sedang memberikan materi tentang Organisasi Operasi SAR, kepada peserta pelatihan dasar potensi SAR Kabupaten Kupang di Aula Alfa Omega Tarus.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai 23 -26 April 2013.  potensi SAR di wilayah kerja kantor SAR kelas B Kupang yang diselenggarakan di Aula Alfa Omega Tarus dan Pantai Lasiana Kupang. 

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain: Tugas dan fungsi BASARNAS ( organisasi operasi SAR), Pengenalan peralatan (hardware dan software) teknik pertolongan di darat, teknik pertolongan di air, Medical First Responder ( MFR ).( Nella)

 

http://www.basarnas.go.id/index.php/baca/artikel/1934/pelatihan-potensi-sar-kupang-tahun-2013