(Surabaya, 04/09/09) Dari hasil pantauan semantara dapat dipastikan jalur mudik di sepanjang pantai selatan dalam kondisi aman. Meski sebagian jalur pantai selatan, mulai dari Cianjur hingga Tasikmalaya, sempat diguncang gempa dengan kekuatan 7,3 skala richter pada Rabu (2/9) kemarin."Berdasarkan informasi di lapangan (jalur pantai selatan) aman," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/9).

Informasi tersebut diperoleh dari hasil pemeriksaan langsung tim yang menyusuri jalur pantai selatan, mulai dari Jawa Tengah sampai Jawa Barat, terutama di lokasi dan daerah-daerah sekitar terjadinya gempa. Dapat dipastikan juga bahwa infrastruktur di jalur tersebut dalam kondisi aman."Sehingga belum terjadi gangguan yang berarti, dan mudah-mudahan tetap tidak ada masalah ke depannya," ujar Suroyo.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Tundjung Inderawan,juga menyatakan pernyataan senada bahwa jalur rel kereta api lintas selatan tidak mengalami gangguan. "Berdasar hasil monitoring secara umum, tidak ada prasarana kereta api yang mengalami gangguan di sana", ujarnya. Meski begitu, pemeriksaan prasaran kereta api yang telah dilakukan sejak Rabu (2/9) malam tetap akan dilanjutkan dengan pengamatan secara lebih detail. "Terutama pada jembatan dengan bentang panjang dan memiliki tiang yang tinggi," ujar Dirjen Perkeretaapian. Beliau juga menambahakan bahwa sejauh ini, jembatan-jembatan kereta api yang telah diperiksa dilaporkan tidak mengalami keretakan atau rusak. "Sehingga semua jalurnya tetap bisa dilalui kereta api dengan aman," kata dia. (RF)