JAKARTA, Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia berencana mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) selama 24 jam tanpa henti.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan mengungkapkan, untuk melancarkan operasional 24 jam sangat memungkinkan, hanya saja harus mempertimbangkan aspek lainnya terutama terkait keselamatan.

"Untuk itu harus diperhitungkan juga waktu perawatan, karena tidak mungkin aktif 24 jam, seperti pada rel, persinyalan, dan juga pada rangkaiannya," jelas Hanggoro di Jakarta, Senin (9/3/2015).

Bila diterapkan, lanjut Hanggoro, minimal pada saat lebih dari jam malam tertentu, diberikan jeda 30 menit atau lebih hideway nya, karena pada saat jam sibuk, hideway nya rata-rata 5-10 menit.

Bila akan diterapkan, menurut Hanggoro, harus ada koordinasi dengan berbagai pihak terkait dan menyiapkan juga Sumber Daya Manusia (SDM) nya, sehingga pelayanannya bisa lebih baik dengan tetap mengutamakan keselamatan. (CHA)