(Jakarta, 5/8/2013) Hingga Senin, (5/8) program mudik gratis untuk mengangkut pemudik sepeda motor dengan menggunakan moda laut yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan telah mengangkut 3196 unit sepeda motor dengan 5792 orang penumpang. Gelombang kedua pemberangkatan mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dilepas oleh Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Adolf Tambunan Senin 5/8/2013 pukul 16.00 WIB di Pelabuhan Tanjung Priok. Gelombang kedua ini mengangkut  1636 orang pemudik dan 802 unit sepeda motor. Sebelumnya pada Sabtu (3/8) KM Dobonsolo juga diberangkatkan dengan tujuan Semarang dan mengangkut 1515 unit sepeda motor dan 2213 orang pemudik.

Selain menggunakan KM Dobonsolo, program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dengan menggunakan angkutan laut juga melibatkan TNI Angkatan Laut. KRI Banda  Aceh dilibatkan untuk membawa pemudik peseda motor ke kampung halamannya masing-masing. Pada tanggal 4 Agustus 2013 KRI Banda Aceh yang mengangkut 879 unit sepeda motor dan 1943 orang pemudik dengan tujuan Semarang telah diberangkatkan. Pemberangkatan terakhir angkutan gratis pemudik sepeda motor menggunakan kapal laut untuk arus mudik akan dilaksanakan pada Selasa (6/8) pukul 10.00 menggunakan KRI Banda Aceh dengan tujuan Semarang. Untuk pemberangkatan terakhir ini pemudik yang telah mendaftar sebanyak 444 unit sepeda motor dengan 962 penumpang.

Untuk arus balik direncanakan pengangkutan akan dilakukan melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2013. Bagi yang berminat memanfaatkan pengangkutan motor pada arus balik ini dapat mendaftar di Pos Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, karena untuk arus balik ini terbuka kesempatan pula bagi mereka yang semula bukan peserta yang terlibat pada arus mudik. Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan ini merupakan komitmen pemerintah dalam mengurangi tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. (RF)