BATAM - Indonesia akan kedatangan tamu istimewa, yaitu Ms. Shaesta Waiz yang merupakan pilot komersial wanita pertama Amerika Serikat keturunan Afghanistan, akan melakukan solo flight (terbang solo tanpa ditemani) keliling dunia ke 18 negara. Bali merupakan pemberhentian ke-15 pada 4 Agustus 2017 pekan depan.

“Ms. Shaesta Waiz akan melakukan solo flight keliling dunia, Indonesia masuk dalam salah satu negara pemberhentian kegiatan terbang solo yang dilakoni Ms. Shaesta Waiz. Ia akan terbang solo menggunakan pesawat Beechcraft Bonanza A36 dari Singapura ke Bali pekan depan,” demikian dijelaskan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik J. A. Barata, Minggu (30/7).

Adapun kegiatan solo flight oleh Ms. Waiz ini memiliki misi untuk menginspirasi generasi muda, khususnya wanita, agar tertarik dengan STEM (Science, Technology, Engineering & Maths) di bidang penerbangan.

Rencananya sebelum solo flight ke Bali, Ms. Waiz akan mampir ke Batam, dengan menggunakan Ferry dari Singapura pada Hari Senin (31/7) untuk kampanye keselsmatan penerbangan sekaligus memperkenalkan dan menarik minat generasi muda, khususnya wanita untuk mendalami ilmu penerbangan.

Ditambahkan Barata, berdasarkan data International Civil Aviation Organization (ICAO) yang adalah badan penerbangan dunia di bawah PBB, bahwa jumlah pilot pesawat komersial wanita hanya sekitar 6% dari total keseluruhan pilot yang ada.

“Makanya kegiatan ini dilaksanakan, Ms. Waiz ingin berkampanye, mengajak generasi muda khususnya wanita untuk terjun ke dunia penerbangan, diharapkan dari sini akan menumbuhkan minat anak-anak muda khususnya yang wanita untuk mendalami ilmu penerbangan,” tutup Barata. (GD/TH/BS/JAB)