(Jakarta, 29/9/2010) Menteri Perhubungan melantik sedikitnya 1.331 taruna perhubungan, di lapangan silang Monas, Jakarta, Rabu (29/9). Kepada seluruh wisudawan, dalam pidatonya Menhub berpesan agar mereka tidak lekas berpuas diri atas pencapaian yang mereka peroleh hari itu.

Menhub menekankan bahwa kebanggaan atas keberhasilan yang didapatkan hari ini hendaknya harus menjadi motivasi dan pembangkit semangat untuk senantiasa mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta memupuk sikap profesional di bidang masing-masing.

"Sehingga saudara dapat berkiprah di tengah persaingan global yang semakin kompetitif," ungkap Menhub.

Ditambahkan, hal ini perlu ditekankannya mengingat peranan transportasi yang sangat strategis sebagai urat nadi kehidupan dan tulang punggung perekonomian baik nasional maupun internasional.

"Di tangan saudara bergantung salah satu hak dan kebebasan manusia, yaitu hak untuk memeroleh kebebasan bergerak (right for freedom of movement)," lanjut Menhub.

Menhub juga berharap, selain menjadi SDM yang profesional dalam memfasilitasi terealisasinya hak kebebasan bergerak masyarakat dengan terus beradaptasi pada kemajuan IPTEK, para lulusan juga sedianya dapat memenuhi harapan masyarakat pengguna jasa transportasi.

"Yaitu tersedianya pelayanan transportasi yang selamat, aman, dan nyaman," pungkas Menhub.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Dedi Darmawan menambahkan, seluruh taruna yang dilantik Menhub tersebut merupakan lulusan lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan transportasi darat, laut, dan udara, yang berada di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Secara rinci, dari 1.331 lulusan itu, sebanyak 360 orang di antaranya merupakan perwira matra  darat lulusan Diploma IV Transportasi Darat STTD Bekasi, Diploma III LLAJ STTD Bekasi, D III Perkeretaapian STTD Bekasi, D III LLASDP bpptd Palembang, D II PKB BPPTD Bali dan D II PKB BPPTD Tegal.

"Untuk matra laut, ada 852 lulusan. Mereka antara lain dari STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, BP3IP Jakarta, BP2IP Surabaya, BP2IP Tangerang dan BP2IP Barombong," jelas Dedi Darmawan.

Sementara untuk matra udara, Menhub melantik sebanyak 119 perwira lulusan STPI Curug, ATKP Makassar dan  ATKP Medan, untuk program Diploma II dan III di berbagai kompetensi. (DIP)