Jakarta - Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Konfrensi Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 di JCC, Senayan, Sabtu (14/9). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa transportasi dapat merajut nusantara, membangun bangsa hingga ke pelosok negeri Indonesia.

"Upaya ini tidak hanya dilakukan di pulau Jawa, tapi sampai dengan pelosok tanah air. Tidak hanya di kota besar, tapi sampai dengan daerah terpencil. Tidak hanya melayani masyarakat maju, tapi juga masyarakat tertinggal. Tidak hanya di pusat bisnis dan pemerintahan, tapi juga sampai daerah terdepan dan terluar," ujar Menhub Budi.

Menhub Budi menjelaskan transportasi antar moda menjadi kunci untuk Indonesia maju. Karena transportasi selalu hadir disetiap kegiatan sehari-hari seluruh masyarakat.

Perkembangan transportasi yang semakin membaik mendorong efisiensi kasat mata ataupun biata implisit. Sehingga produktivitas dalam beraktivitas baik dalam keseharian dan komersial semakin meningkat.

"Perkembangan pun dapat dilakukan lebih optimal karena daya jangkau yang lebih luas sampai ke ujung-ujung Indonesia," tutur Menhub Budi.

Tidak dapat dipungkiri lagi transportasi saat ini menjadi kunci untuk Indonesia maju.

Dengan dukungan transportasi kuat, dapat mendorong efisiensi baik secara biaya kasat mata ataupun biaya implisit. Selain itu juga dapat meningkatkan produktivitas dalam beraktivitas di keseharian juga secara komersial.

"Kami mengambil tema Merajut Nusantara karena kami tidak hanya berfokus dalam menjalin konektivitas saja. Harapannya dengan transportasi unggul, kami dapat ikut merajut tali persaudaraan, persatuan, dan solidaritas antar daerah di Indonesia. Sedangkan membangun bangsa karena sekali lagi ditekankan bahwa transportasi berperanan besar pada kemajuan suatu bangsa," jelas Menhub Budi

Transportasi telah hadir sejak zaman Romawi terbukti bahwa sarana dan prasarana transportasi dapat memperkuat daya saing dan juga mendorong perkembangan suatu bangsa. Dengan adanya kecepatan waktu dan jarak tempuh, efisiensi biaya dan kemudahan bertransportasi, tingkat keselamatan dan keamanan lebih tinggi, maka akan semakin efektif juga pelayanan transportasi.

"Mudah-mudahan dedikasi dan bakti kami sebagai insan perhubungan dapat mendorong Indonesia menjadi lebih maju lagi," tandas Menhub. (LKW/RDL/YSP/HA)