BALIKPAPAN - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan melakukan tinjauan ke 5 provinsi di Kalimantan yang dilakukan dalam dua hari, Jum'at hingga Sabtu (20-21 Maret 2015). Dengan menggunakan pesawat Kalibrasi Kemenhub, Menhub tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Sepinggan, Balikpapan pada Juma't (20/3) sekitar pukul 04.00 WITA, setelah sebelumnya, melakukan kunjungannya ke Tarakan, Kalimantan Utara.

Tiba di bandara SAMS, Menhub Jonan bersama jajarannya disambut oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Mukmin Faisyal, GM Angkasa Pura I Bandara SAMS, Wendo Asrul Rose dan pejabat daerah lainnya.

Saat baru turun dari pesawatnya, Menhub Jonan menolak menaiki bus penjemput yang telah disediakan di dekat pesawat. Menhub malah berjalan kaki berjarak kurang lebih 300 meter menuju ruang VIP bandara yang kemudian disambut oleh jajaran pejabat di daerah Balikpapan.

Begitu tiba di ruang VIP, Menhub bergegas mengadakan pertemuan tertutup dengan pejabat terkait untuk membahas seputar pembangunan infrastruktur transportasi di Kalimantan Timur. Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih selama 20 menit.

Usai pertemuan, Menhub dan rombongan segera melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Kurang lebih perjalanan selama 15 menit, Menhub dan rombongan tiba di Pelabuhan Semayang.

Di sini, Menhub disambut oleh Direktur Pelindo IV, Niken Probowati, Jajaran PT. Pelni dan para petugas Pelabuhan.

Menhub Jonan sempat mendengarkan paparan singkat dari Direktur Pelindo IV megnensi rencana pengembangan Pelabuhan Semayang dan pengoptimalisasian pelabuhan seluas kurang lebih 6 hektar tersebut.

Usai mendengarkan paparan, Menhub Jonan memberikan arahan kepada instansi terkait, untuk segera merenovasi pelabuhan. Ia sempat berkomentar, gedung terminal pelabuhan sama dengan bentuk gedung bioskop lama.

"Sudah saatnya direnovasi. Bentuknya mirip bioskop lama", ujar Menhub Jonan.

Selain mengomenteri kondisi pelabuhan, Menhub Jonan juga memberikan arahan untuk selalu meningkatkan pelayanan pelabuhan.

Usai meninjau pelabuhan, Menhub beserta rombongan bergegas kembali ke Bandara SAMS. Dengan pengawalan, kurang lebih 15 menit, Menhub tiba di Bandara SAMS.

Dengan berjalan cepat, Menhub meninjau terminal penumpang di Bandara SAMS. Yang petatma didatangi adalah terminal Keberangkatan Internasional.

Menhub Jonan memuji kebersihan dan keindahan desain di ruang terminal penumpang Bandara SAMS.

"Ruangan cukup bersih dan lega (luas) sekali," ucap Jonan di depan GM AP I Bandara SAMS,Wendo Asrul Rose.

Menhub juga berucap bahwa Bandara SAMS dinilainya sebagai bandara terbaik se Indonesia.

Usai dari terminal penumpang, Menhub juga meninjau area imigrasi dan tower (menara) bandara. Setelah kurang lebih 20 menit meninjau ke Bandara. Menhub kemudian menuju ke pesawatnya untuk melanjutkan tinjauannya ke Banjarmasin. (RDH)