Berita Umum

Menhub Sampaikan Apresiasi dan Penghargaan Kepada Penyelenggara Penerbangan Haji

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 09 Oktober 2017
Jumlah Dilihat: 320 kali

TANGERANG - "Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak terkait yaitu Kementerian Agama, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia, AirNav Indonesia beserta Instansi lainnya dari dalam negeri maupun luar negeri sehingga penyelenggaraan penerbangan haji pada tahun ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses," ucap Menhub Budi Karya Sumadi saat menghadiri Farewell Boeing 747- 400 dan Syukuran Penerbangan Haji, Senin, (9/10) di Hanggar 4 GMF Aeroasia, Tangerang.

Secara khusus Menhub juga berterimakasih kepada Kementerian Agama karena telah berulangkali memberikan kesempatan kepada Garuda Indonesia sehingga Garuda Indonesia bisa memperbaiki kualitasnya, termasuk pengelola bandara dan Airnav Indonesia karena semua berkontribusi terhadap ketepatan waktu penerbangan.

"Dunia aviasi sangat ketat, jadi akan menjadi kebanggaan kalau flag carrier ada di mana-mana. Terima kasih kepada Kementerian Agama karena terus memberikan kesempatan kepada Garuda Indonesia sehingga Garuda Indonesia bisa memperbaiki kualitasnya" tambah Menhub Budi Karya.

Di kesempatan yang sama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi penerbangan haji tahun 2017 ini karena berjalan lancar walaupun jemaah haji yang berangkat jauh lebih besar dari tahun 2016.

"Saya mengapresiasi Garuda Indonesia karena pelaksanaan haji yang sukses didukung oleh Garuda. Jumlah jemaah haji meningkat 52.200 orang tahun ini dari tahun sebelumnya, namun dengan penambahan jamaah, penyelenggaraan penerbangan haji tahun ini berjalan sukses," ucap Lukman Hakim.

Namun Menag mengingatkan ke depannya kesuksesan penerbangan haji tetap dijaga dan dipelihara serta mengembangkan yang baik menjadi lebih baik lagi di tahun depan.

"Tahun ini menjadi kerja besar yang patut kita syukuri, namun kita harus bisa menjaga dan memelihara capaian prestasi yang baik ke depannya. Selain itu, bagaimana kita mengembangkan yang sudah baik sesuai konteks di masa datang sehingga kita menjadi lebih baik lagi," lanjut Menag Lukman Hakim.

Sementara Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury mengatakan acara Syukuran Penerbangan Haji ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas keberhasilan Garuda Indonesia menyelesaikan penerbangan haji 2017/1438H dengan kinerja yang positif. Selain itu Pahala menambahkan tahun ini Garuda Indonesia mengalami peningkatan On Time Performance (OTP) dari tahun sebelumnya.

“Secara keseluruhan, tahun ini Garuda Indonesia berhasil mencapai tingkat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) penerbangan haji sebesar 96,93 persen (Fase Pemberangkatan:98,2 persen dan FasePemulangan:95,67 persen) meningkat 3,49 persen dari OTP penerbangan haji tahun lalu yang sebesar 93,66 persen," jelas Pahala.

Peningkatan tingkat OTP hingga 3,49 persen tersebut menjadi pencapaian yang sangat menggembirakan serta merupakan rekor yang membanggakan bagi kami, karena merupakan pencapaian OTP terbaik yang pernah diraih Garuda Indonesia sepanjang sejarah penerbangan haji Indonesia. (MM/TH/BS/BI)