CILEGON - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan mendukung dan mengapresiasi usaha Pemerintah Kota Cilegon dalam pembangunan Pelabuhan Warnasari dan berharap nantinya Pelabuhan Warnasari harus bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi warga Banten. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada acara Groundbreaking Pembangunan Terminal Pelabuhan Warnasari di kota Cilegon, Rabu (30/8).

"Seperti kita ketahui Provinsi Banten mempunyai letak yang strategis dan memiliki potensi-potensi ekonomi yang baik. Dengan dibangunnya Pelabuhan Warnasari akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari berbagai sektor," ujar Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub mengatakan pelaksanaan groundbreaking sisi darat rencana pembangunan Terminal Warnasari merupakan bentuk simbolik terhadap rencana pembangunan Terminal Warnasari.

"Ini merupakan momentum awal untuk merealisasikan pembangunan Terminal Warnasari meskipun masih terdapat beberapa langkah dan tahapan yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tambah Menhub

Menhub juga berpesan agar PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri secepatnya memenuhi berbagai prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam membangun pelabuhan umum.

"Saya berpesan setelah pelaksanaan groundbreaking ini PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri agar secepatnya memenuhi berbagai prosedur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, saya juga berharap agar rencana pembangunan Terminal Warnasari ini dilaksanakan secara terintegrasi dengan terminal umum di Pelabuhan Banten," tutup Menhub.

Pada kesempatan yang sama Walikota Cilegon Tb.Iman Ariyadi menjelaskan tahap 1 pembangunan Pelabuhan Warnasari akan dimulai Februari 2018 dan direncanakan selesai serta beroperasi pada Oktober 2019 dengan biaya tahap awal sebesar Rp. 1,5 Triliun.

"Rencananya tahap 1 Pembangunan Pelabuhan Warnasari akan selesai dan beroperasi bulan Oktober 2019 Pelabuhan Warnasari direncanakan untuk melayani kapal dengan kategori cargo curah yakni curah kering dan curah cair," terang Walikota Iman.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri Zamhari Hamid mengatakan Pelabuhan Warnasari memiliki keunggulan, yaitu seperti lokasi dan akses masuk yang strategis.

"Pelabuhan Warnasari tepat berada di pusat kawasan industri sehingga menjadi pilihan utama yang strategis, dekat dan optimal dalam melayani kapal serta bongkar muat barang kebutuhan industri. Sedangkan akses masuk dan keluar sangat strategis sehingga mempermudah alur masuk dan keluar kendaraan pengangkut muatan dari dan ke kapal," jelas Zamhari.

Sebagai informasi, Terminal Warnasari merupakan bagian dari Pelabuhan Banten yang rencananya akan di bangun oleh PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri dan PT. Bosowa Bandar Indonesia.

PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri (PT.PCM) adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki oleh Pemkot Kota Cilegon dan didirikan melalui Peraturan Daerah Kota Cilegon No. 16 Tahun 2011.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Plt Dirjen Perhubungan Laut Bay M. Hasani. (MM/TH/BS/HA)