JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta semua Pemangku Kepentingan lebih peduli keselamatan jalan. Menhub berkeyakinan dengan campur tangan dari para Pemangku Kepentingan, diharapkan dapat menekan jumlah korban kecelakaan di jalan. Demikian disampaikan Menhub saat memberikan sambutan pada Kampanye Keselamatan Transportasi Darat, dalam rangka perayaan HUT RI ke-72 di kantor Kemenhub, Jakarta, Minggu (20/8).

Pelaksanaan Kampanye Keselamatan Transportasi Darat ini bertujuan untuk menunjukkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap keselamatan para pengguna jalan.

“Pelaksanaan Kampanye ini menunjukkan rasa tanggung jawab dan bentuk kepedulian bersama dan juga keinginan yang kuat untuk selalu menjalin koordinasi, melepaskan ego sektoral antar pemangku kepentingan untuk tercapainya keselamatan para pengguna jalan,” terang Menhub.

Pada kesempatan tersebut, Menhub juga menyampaikan bahwa kejadian kecelakaan lalu lintas pada masa Angkutan Lebaran tahun 2017 mengalami penurunan.

“Kejadian kecelakaan lalu lintas pada masa Angkutan Lebaran tahun 2017 mengalami penurunan. Hal ini tidak terlepas dari persiapan yang baik, koordinasi dan kerjasama, serta kerja keras antar pemangku kepentingan yang kuat, sehingga berdampak pada penurunan angka kecelakaan yang cukup signifikan,” ujar Menhub.

Dalam Kampanye Keselamatan Transportasi Darat tersebut Menteri Perhubungan menyerahkan penghargaan kepada Kapolri atas Kinerja Kepolisian RI menekan angka kecelakaan dan korban pada masa Angkutan Lebaran 2017.

“Saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi terhadap para pemangku kepentingan, khususnya dari jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dalam kurun waktu 1 (satu) tahun telah berhasil menjaga kamtibmas dengan kondusif juga pada pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2017,” ujar Menhub.

Menhub menambahkan, ini penghargaan pertama yang diberikan Kemenhub kepada Kapolri atas kinerja Polri yang luar biasa.

"Ini pertama kali Kemenhub beri apresiasi untuk Kapolri. Saya akui selama saya menjabat, apa yang dilakukan Polri ini merupakan sesuatu yang outstanding (luar biasa). Semoga ini menjadi tanda bahwasanya kita bisa bekerja sama lebih baik dan Kapolri makin jaya," tambah Menhub.

Menhub juga mengajak seluruh masyarakat untuk peduli pada keselamatan sebagai upaya pengurangan fatalitas kecelakaan di jalan.

“Mari kita peduli melakukan sesuatu untuk keselamatan jalan. Salam keselamatan!,” ujar Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Tito Karnavian memberikan apresiasi pada acara Kampanye Keselamatan Transportasi Darat. Tito menjelaskan masalah keselamatan di jalan merupakan hal yang kompleks dan butuh kerjasama dari semua pihak.

"Saya beri apresiasi yang tinggi pada acara kampanye ini. Untuk masalah keselamatan jalan sendiri saya kira kita semua tau ini masalah yang kompleks, melibatkan banyak faktor; mulai dari jalannya bagus atau tidak, kendaraannya laik atau tidak, masalah pengemudinya dan yang paling sulit masalah cuaca. Oleh karena itu, tidak bisa dilakukan oleh 1 (satu) instansi, kita perlu bekerja sama untuk memperbaiki ketiga faktor ini, kalau faktor cuaca itu urusan Tuhan," jelas Tito.

Tito menambahkan Polri dan semua jajarannya di seluruh Indonesia siap mendukung dan bekerja sama dengan Kemenhub untuk mensukseskan program-program Kemenhub, khususnya dalam rangka meningkatkan keselamatan jalan dan mengurangi fatalitas korban terutama yg meninggal karena kecelakaan di jalan.

Turut hadir dalam kampanye tersebut Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Royke Lumowa, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, dan Direktur Utama PT. Jasa Raharja (Persero) Budi Setyarso. (CRA/TH/BS/HA)