JAKARTA - Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan mengingatkan kepada perusahaan pengelola pelayaran penumpang agar tidak menjual tiket bila kuota penumpang sudah habis. Menurut Jonan, bila kuota sudah habis dan tiket masih dijual, akan berpotensi membuat keributan.

"Jangan jual tiket kalau kapasitas udah abis. Bisa ribut nanti pak," ingat Menhub dalam Rapat Koordinasi persiapan mudik dengan Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, dan Polri di Gedunh Kemenhub, Selasa (30/6).

Menhub kemudian juga menyebut pengelola pelayaran harus memperioritaskan penumpang yang sudah membeli tiket secara resmi. Meski begitu, Kemenhub kata dia akan memberikan dispensasi untuk kapasitas angkut penumpang sesuai kebutuhan selama mudik.

Dispensasi yang diberikan kata dia tentu terlebih dahulu melihat aspek keselamatan dan kesiapan kapal secara teknis. "Kita harus layani yang pakai tiket. Tiket kapal ya bukan tiket bioskop," ujarnya.

Untuk menyambut musim mudik 2015 ini, Kementerian Perhubungan kata Menhub, akan mengupayakan pengoptimalan kapal perintis untuk mendukung angkutan lebaran. (BUN)