Jakarta - Sebanyak 2.013 penumpang dan 839 sepeda motor diberangkatkan pada program mudik gratis Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan tahun 2019, menggunakan K.M. Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/6), menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelepasan kapal keberangkatan kedua program mudik gratis tersebut dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko PMK Puan Maharani, serta Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

"Mudik gratis menggunakan kapal menunjukkan komitmen kami bahwa safety menjadi hal utama dalam penyelenggaraan mudik. Safety itu harus, langkah konkretnya yaitu dengan cara tidak menggunakan motor sebagai angkutan mudik, tetapi bisa ikut program mudik gratis, salah satunya dengan kapal laut,” jelas Menhub.

Menko PMK Puan Maharani yang turut hadir melepas mudik gratis tersebut turut meminta petugas di lapangan untuk siaga menyiapkan kenyaman dan keamanan dalam puncak arus mudik dan arus balik angkutan lebaran.

"Semoga lancar, aman, selamat sampai tujuan," kata Menko PMK Puan.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek turut memberi apresiasi program mudik gratis menggunakan kapal.

"Tadi saya sudah melihat, penumpang mendapatkan makanan untuk sahur dan berbuka. Menunya juga lengkap ada nasi, daging, ayam, jus, dan susu," jelas Nila.

Ia berharap penumpang yang mengikuti mudik gratis menggunakan kapal dapat tiba di tujuan dengan selamat dan tetap sehat.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan 3 kali keberangkatan arus mudik gratis bagi pemudik sepeda motor dengan kapal yaitu tanggal 30 Mei, 1 Juni, dan 3 Juni 2019, serta 3 kali arus balik tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

Jumlah pendaftar yang mengikuti mudik gratis dengan kapal laut pada voyage II tanggal 1 Juni 2019 sebanyak 2.220 orang penumpang dan 1.004 Motor. Sementara itu, penumpang dan motor yang langsung mendaftar di tempat sebanyak 264 orang dan 76 motor.

Dari total penumpang sebanyak 2.013 orang, terdiri dari 1.581 dewasa, 218 anak, dan 214 balita.

Sebelumnya pada Kamis, 30 Mei 2019, telah dilakukan pemberangkatan kapal pertama program mudik gratis Kemenhub yang mengangkut 1.982 penumpang dan 911 unit sepeda motor menggunakan KM Dobonsolo dari Tanjung Priok menuju Semarang.(AH/RDL/CA/HA)