JAKARTA - Di tengah situasi pandemi Covid 19, peringatan Hari Perhubungan Nasional yang diperingati setiap 17 September diharapkan menjadi momentum pemersatu bagi insan perhubungan untuk terus memberikan pelayanan jasa transportasi terbaik bagi bangsa dan negara. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 secara virtual di Jakarta, Senin (7/9).

Tahun ini, peringatan Harhubnas mengusung tema “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia”. Menhub mengingatkan agar regulator dan para operator transportasi terus bersinergi memberikan pelayanan di semua sektor dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan demi menjaga urat nadi kehidupan perekonomian bangsa dan negara.

"Tentu pekerjaan ini tidak mudah, namun saya meyakini dengan kemampuan dan semangat kita semua dapat melaksanakan pelayanan dengan maksimal di tengah kondisi saat ini. Di tengah pandemi, kita sebagai insan perhubungan tidak boleh lengah dan abai serta tetap memberikan pelayanan transportasi untuk menggerakan roda perekonomian dengan memperhatikan protokol kesehatan yang baik," ujar Menhub.

Menhub Budi menambahkan peringatan Harhubnas tahun ini diharapkan tetap memacu semangat dan tekad para insan perhubungan agar mampu menjalankan amanat rakyat dalam memberi layanan transportasi yang handal.

“Oleh karenanya, saya mengingatkan kembali kepada para insan perhubungan untuk terus bersemangat dalam mewujudkan setiap pelaksanaan tugas dan tetap mawas diri sehingga tekad dan semangat juang dapat terwujud baik dan nyata,” tutup Menhub.

Rangkaian kegiatan Peringatan Harhubnas tahun 2020 akan diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba kreativitas yang bersifat mandiri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti upacara peringatan Harhubnas secara virtual, bakti sosial, pemberian penghargaan, healthy fun bike dengan jumlah peserta terbatas di Bandara Soekarno Hatta, lomba karaoke virtual, dan lomba fotografi. (AH/HH/LA/HT).