Pangkalpinang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan Jembatan Emas, Rabu (25/7). Menhub mengharapkan pemberdayaan Jembatan Emas sebagai icon wisatawan terus dilakukan yaitu dengan membangun destinasi wisata di daerah sekitar jembatan.

"Kita harus berdayakan ini sebagai sebuah icon wisatawan. Saya menyarankan untuk membangun destinasi wisata disekitar sini supaya ini menjadi salah satu icon. Kita jadikan destinasi wisata lalu kita mengembangkan bersama," ujar Menhub.

Menhub mengungkapkan bahwa seringkali mendapatkan komplain terkait pendangkalan di sekitar Pelabuhan Pangkal Balam. Adapun lokasi pelabuhan dekat dengan Jembatan Emas. Maka, Menhub mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara Pelindo dengan pihak swasta untuk menyelesaikan masalah ini dengan melakukan pengerukan.

"Seringkali, saya mendapat komplain mengenai pendangkalan dan sebagainya. Oleh karenanya, saya minta kepada Pelindo bekerja sama dengan sektor swasta untuk cepat melakukan demi menyelesaikan permasalahan ini," ungkap Menhub.

Sebagai informasi, Jembatan Emas akan diresmikan oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung karena ini dikelola oleh Pemerintah Daerah. Selain sebagai sektor pengembangan sektor pariwisata, Jembatan Emas juga menjadi penghubung dari Pangkal Pinang menuju Pantai Timur Bangka. Adapun pembangunan Jembatan Emas didukung dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Turut hadir dalam peninjauan Jembatan Emas adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. (BNK/TH/RK/BI)