(Biak, 21/01/10) Menteri Perhubungan Freddy Numberi Jum'at, 22 Januari  2010 di Pelabuhan Biak Papua dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian dua Kapal Penyeberangan bertonase 500 GT, yaitu KMP. MASIREI dan KMP. KASUARI PASIFIK 4.

Informasi yang diterima oleh redaksi www.dephub.go.id menyebutkan bahwa  kedua kapal ini akan memperkuat armada kapal penyeberangan yang melayani lintas-lintas penyeberangan di wilayah Teluk Cenderawasih. KMP MASIREI akan melayani lintasan Kabuena/Serui-Waren-Nabire, sedangkan KMP KASUARI PASIFIK 4 akan melayani lintasan Biak-Manokwari. Sebelumnya lintas penyeberangan di Teluk Cenderawasih dilayani oleh dua buah kapal penyeberangan, yaitu KMP.GUTILA dengan rute: Mokmer - Kabuena – Waren - Nabire, dan KMP TELUK Cenderawasih II dengan rute: Mokmer - Numfor - Manokwari.

Dua kapal ini merupakan hasil pengadaan dari Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLSADP)  tahun 2009 melalui dana APBN. KMP MASIREI diproduksi oleh galangan kapal PT Daya Radar Utama Jakarta, sementara itu KMP KASUARI PASIFIK pengerjaannya dilakukan oleh PT Dumas Shipyard Surabaya. Untuk pengoperasiannya, KMP KASUARI PASIFIK 4 akan dioperasikan oleh PT (Persero) ASDP Indonesia Ferry, sedangkan KMP MASIREI akan dioperasikan oleh Pemda Biak. Kedua kapal ini akan segera beroperasi setelah diserahterimakan oleh Menhub atas nama Pemerintah. Untuk mendukung pengoperasian kapal ini, Pemerintah pada tahun 2010 telah memasukkan alokasi subsidi untuk lintas yang dilayani kedua kapal ini. (YFA)