Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Menhub dan Wakil Menlu AS Bahas Kerjasama Open Sky Indonesia dan Amerika Serikat

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 23 Pebruari 2017
Jumlah Dilihat: 720 kali

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Acting Assistant Secretary Bureau of Economic and Business Affairs of the United States of America (Wakil Menlu Amerika Serikat bidang Ekonomi dan Bisnis) Ms. Patricia Haslach di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (23/2) membahas kerja sama open sky antara Indonesia dan Amerika Serikat dan rencana penerbangan Garuda Indonesia ke Amerika Serikat dengan bekerja sama dengan maskapai Amerika Serikat dan.

Terkait dengan kerja sama open sky, Menhub menyatakan bahwa Indonesia dan Amerika Serikat telah bekerja sama sejak lama.

“Sebagai langkah lanjutnya untuk lebih meningkatkan kerja sama open sky, saya harap dukungan dari Amerika Serikat dalam meningkatkan kapasitas kami dalam keselamatan navigasi penerbangan,” ujar Menhub.

Indonesia dan Amerika Serikat, jelas Menhub, telah mempunyai MoU tentang kerja sama penerbangan yang sekarang sedang diimplementasikan oleh kedua negara.

“MoU ini telah menghasilkan beberapa kerjasama dalam peningkatan capacity building dalam sektor navigasi penerbangan dan kami harap Amerika Serikat dan Indonesia dapat lebih menghasilkan kerja sama teknis dan operasional dalam sektor keselamatan navigasi penerbangan,” kata Menhub.

Terkait rencana penerbangan Garuda Indonesia ke Amerika Serikat, Menhub menyatakan bahwa telah ada pembicaraan antara Garuda Indonesia dan maskapai dari Amerika Serikat untuk mengembangkan kerja sama code share di antara kedua maskapai tersebut.

“Saya sangat support ide code share antara kedua maskapai tersebut segera terlaksana agar maskapai Indonesia dapat segera terbang ke Amerika Serikat,” tegas Menhub. (RY/TH/BS/JAB)