JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua DPR Setya Novanto melakukan pengecekan langsung pelayanan pemudik di Stasiun Senen serta melepas pemudik yang menggunakan KA Kertajaya jurusan Surabaya yang berangkat pada pukul 14.00 WIB pada Kamis (22/6). Turut hadir dalam peninjauan tersebut adalah Menteri BUMN Rini Soemarmo, Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono, dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Dalam kunjungannya tersebut, Menhub dan Ketua DPR juga meninjau sistem ticketing, boarding penumpang, hingga berbincang dengan calon penumpang di stasiun.

Menurut Menhub, yang harus diperbaiki pada moda kereta api adalah kuantitasnya karena kereta api sangat diminati oleh masyarakat.

“Jumlah yang sekarang ini sangat kurang karena permintaan masyarakat untuk menggunakan moda kereta api sangat tinggi jadi pr-nya adalah meningkatkan kapasitasnya,” jelas Menhub.

Menhub berharap PT KAI dapat meningkatkan level of service agar dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi.

Untuk lebih memberikan pelayana kepada masyarakat, Menhub menjelaskan, awal tahun depan akan dibangun kereta api jurusan Jakarta Surabaya dengan kecepatan 160 km/jam.

“Jakarta Surabaya dapat ditempuh dengan 5 jam dan kalau kecepatannya tinggi, berarti produktivitas yang dapat diperoleh juga tinggi, bisa 2 atau 3 kali lipatnya,” jelas Menhub.

Sementara itu, Ketua DPR mengapresiasi persiapan-persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah dan stakeholder lainnya dalam menjalani masa Angkutan Lebaran 2017.

“Semua berjalan lancar karena lintas kereta api berjalan baik, lintas infrastruktur jalan berjalan baik dan diharapkan pemudik dapat selamat di tempat tujuan bertemu dengan keluarganya dengan selamat,” ujar Ketua DPR.

Ketua DPR menyampaikan himbauan kepada para pemudik agar kembali ke Jakarta dengan tidak membawa keluarga ke Jakarta agar mereka bekerja di daerah dan membangun daerahnya masing-masing.

“Supaya semua bisa berjalan dan pertumbuhan ekonomi semakin baik,” pungkas Ketua DPR.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan saat ini sedang membangun double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2019. Pada saat pembangunan DDT selesai, perjalanan commuter line maupun kereta api jarak jauh dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah nantinya tidak akan terganggu atau bersinggungan. (RY/TH/BS/JAB)