MERAK - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Merak, Banten, pada Minggu (11/6). Dalam kunjungan ini Menhub dan Kapolri mendengarkan paparan kesiapan angkutan Lebaran 2017 yang disampaikan oleh Dirut PT. ASDP Indonesia Ferry, Kapolda Banten, dan Kapolda Lampung serta memastikan kesiapan seluruh Dermaga I-VI Pelabuhan Merak jelang angkutan Lebaran.

Menhub menyatakan bahwa Kementerian Perhubungan selaku koordinator angkutan mudik Lebaran akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian selaku komando di lapangan.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada bapak Kapolri beserta jajarannya atas kerja samanya dalam menghadapi angkutan lebaran tahun ini, dan kami akan terus berkoordinasi," tegasnya.

Menhub meminta pihak kepolisian dan jajarannya agar menindak bus-bus yang belum mendapatkan stiker lulus ramp check dan meminta kepada masyarakat agar memilih bus yang sudah dilengkapi stiker lulus ramp check saat mudik.

Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan menetapkan posko nasional angkutan Lebaran 2017 yang dipusatkan di 2 titik, yaitu di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan dan di Kantor Korlantas Jl. Jend. Gatot Subroto.

Selanjutnya, Kapolri menekankan kepada masyarakat yang hendak mudik agar tidak menggunakan sepeda motor dan memanfaatkan angkutan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

"Kalau memungkinkan tidak usah menggunakan sepeda motor, kalau ada mudik bersama seperti yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan agar dapat dimanfaatkan," pungkas Kapolri.

Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak. turut dalam kegiatan ini Gubernur Banten Wahidin Halim, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar, Kapolda Banten Brigjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno, Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi, Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Merak, dan Kepala KSOP Merak. (INH/RDP/TH/BS/JAB)