TANGERANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan pesan kepada siswa Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) harus menimba ilmu secara serius juga dengan ketulusan hati. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan ke STPI, Curug, Tangerang, Banten, Sabtu (24/2).

"Kalian tidak boleh sekolah asal-asalan, kalian harus bangun pagi, kerja keras dan lalukan sepenuh hati dengan tulus," ujar Menhub Budi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pilot merupakan salah satu profesi yang mempunyai tanggung jawab besar. Pasalnya pilot harus menjadi pemimpin dalam penerbangan, bahkan membawa hingga ratusan nyawa.

"Pilot itu adalah profesi yang memiliki tanggung jawab besar di pesawat. Anda menjadi pimpinan dan mempertaruhkan nyawa kadang-kadang lebih dari 500 orang," kata dia.

Menhub Budi ingin memastikan bahwa STPI adalah suatu lembaga pendidikan yang membanggakan. Sehingga dirinya ingin memberi kesempatan untuk 40 siswa tersebut pendidikan yang terbaik. Pendidikan tersebut diselenggarakan dalam kurun waktu 3-5 bulan tergantung kualifikasinya.

"Kita ingin sekali para pilot yang kita didik ini mempunyai kualifikasi yang bagus, punya kemampuan intelektual, punya kemampuan hal-hal yang diperlukan dan itu tidak mudah. Oleh karenanya ke 40 siswa itu kita didik dan Insya Allah bisa berjalan dengan baik," tutur Menhub Budi.

Dalam kesempatan bertemu dengan siswa STPI, Menhub juga memanggil dua perwakilan siswa untuk bertanya maupun memberi testimoni saat pendidikan. Keduanya memberikan ucapan terimakasih, karena telah diberikan kesempatan melakukan pendidikan pilot di STIP.

Setelah memberikan arahan kepada para siswa, Menhub Budi menaiki pesawat multi-engine. Setelah menjajal pesawat tersebut ia semakin yakin bahwa seorang pilot harus memiliki kualifikasi yang baik karena ia harus tetap tenang dalam menyelesaikan permasalahan di pesawat.

"Berkaitan dengan penerbangan tadi saya sengaja ikut terbang dengan pesawat latih, itu adalah pesawat multi-engine yang hanya dimiliki oleh STPI di Curug juga di sekolah kita di Banyuwangi. Untuk diketahui bahwasanya seorang pilot itu baru akan menjadi pilot yang berkualitas kalau sudah melalui pendidikan yang berkualitas juga. Ini artinya ada suatu kualifikasi yang begitu banyak untuk menjadi seorang pilot," jelasnya.

Pendidikan dan pelatihan jenis rating, ATPL, multi-engine, dan keamanan penerbangan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug, Tangerang, Banten diresmikan oleh Ketua Komisi V DPR Ri Fary Djemi Francis pada Senin (19/2) lalu.

Turut hadir dalam kegiatan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Sesditjen Perhubungan Udara Praminto Hadi, Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Capt Novianto Widad, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Sri Rahayu, Direktur Angkutan Udara, Maria Kristi, Kepala Bandara Budiarto Irwan Saputra. (LKW/TH/LP/BI)