JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melepas keberangkatan 187 peserta mudik gratis pengguna sepeda motor dengan kereta api pada Rabu (29/6) di Stasiun Pasar Senen. Peserta mudik gratis pengguna sepeda motor tersebut diberangkatkan dengan menggunakan KA Brantas dengan tujuan Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Madiun, Kertosono, dan Kediri. Selain dengan KA Brantas, peserta mudik gratis tersebut juga dilayani dengan KA Kertajaya, KA Bengawan, dan KA Kutojaya Utara.

“Secara keseluruhan, tahun ini Kementerian Perhubungan mengangkut 27 ribu motor terdiri dari 15 ribu menggunakan kereta api dan 12 ribu menggunakan truk dan penumpangnya naik bus,” ujar Menhub Jonan setelah melepas keberangkatan peserta mudik gratis tersebut. Namun demikian, Menhub Jonan menyayangkan bahwa kuota sepeda motor yang telah disediakan oleh pemerintah tersebut masih tersisa sekitar 15%.

Kuota sepeda motor yang diangkut tahun ini naik 170% dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, Menhub Jonan menambahkan, sepeda motor yang diangkut pada program mudik gratis pengguna sepeda motor adalah sebanyak 10 ribu motor.

Pada masa penyelenggaraan angkutan lebaran 2016 ini, Menhub Ignasius Jonan memprediksi jumlah sepeda motor yang digunakan untuk mudik pada tahun 2016 berjumlah 5 juta sepeda motor. Menhub Jonan berpesan agar para pemudik sepeda motor untuk tidak mempunyai target waktu sampai ke tujuan karena sepeda motor tidak ditujukan untuk jarak jauh. “Pemudik sepeda motor itu lebih baik berangkat setelah sahur, jangan setelah buka puasa baru berangkat. Di jalan akan mengantuk,” jelas Menhub Jonan.

Secara keseluruhan, peserta mudik gratis dengan kereta api adalah sebanyak 11.910 orang. Sementara untuk jumlah sepeda motornya, sampai dengan 27 Juni 2016, sebanyak 12.011 sepeda motor telah siap diangkut menggunakan kereta api ke berbagai kota di Pulau Jawa.

Jumlah sepeda motor tersebut masih akan bertambah karena pendaftaran program mudik gratis dengan kereta api masih dibuka hingga 16 Juli 2016 atau mencapai kuota 15.834 sepeda motor. Masyarakat masih dapat mendaftarkan sepeda motornya untuk diberangkatkan secara gratis dengan syarat menunjukkan tiket keberangkatan yang telah dimiliki, bisa berupa tiket kereta maupun bus.

12.011 sepeda motor yang akan diangkut secara gratis tersebut terdiri dari 6.427 sepeda motor untuk arus mudik dan 5.584 sepeda motor untuk arus balik. Data sementara peserta kegiatan angkutan motor gratis dengan moda KA tahun ini cukup meningkat signifikan hingga lebih dari dua kali lipat dibandingkan realisasi tahun sebelumnya yang hanya sebesar 5.436 sepeda motor.

Disinggung mengenai penyelenggaraan angkutan lebaran 2016, Menhub Jonan menyatakan bahwa di H-7 ini, kondisi penyelenggaraan angkutan lebaran lancar apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Menhub Jonan menyatakan semua pihak berperan besar dalam kelancaran ini. “Kelancaran ini adalah peran semua pihak yaitu masyarakat, operator, pemerintah, Kepolisian, dll. Yang paling penting itu masyarakatnya,” jelas Menhub Jonan.

Program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan menggunakan kereta api tersebut merupakan implementasi dari fokus kerja Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk terus meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan transportasi kepada masyarakat. Mengingat angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor masih tinggi yaitu di atas 80%. (RY/BU/SR/HP)