JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Kapolda Jawa Barat Agung Budi Maryoto saat melakukan sidak di Terminal Bus Leuwipanjang, Bandung. Dalam sidaknya, Kapolda meminta tiga bus tak laik jalan dilarang beroperasi.

"Saya sangat mengapresiasi langkah Bapak Kapolda Jabar ikut melakukan sidak dan sudah melarang beroperasinya tiga bus yang menyalahi aturan spesifikasi teknis karena jika tetap beroperasi akan membahayakan keselamatan penumpang," jelas Menhub Budi saat ditemui di Jakarta pada Minggu (17/12).

Menurut Menhub, sidak yang dilakukan bersama Dinas Perhubungan Jawa Barat merupakan bentuk kesiapan pengamanan Natal 2017 dab Tahun Baru 2018.

"Sidak ini dilakukan sebagai upaya keselamatan penumpang pengguna bus jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," ujar Budi Karya.

Selanjutnya, Menhub berharap pengecekan kendaraan ini juga harus dilakukan di berbagai daerah.

"Saya berharap ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan pengecekan kendaraan demi keselamatan bersama sehingga penumpang bisa merasa aman dan nyaman,” tegas Menhub. (LFH/TH/AL/BI)