Jakarta – Slamet Riyadi merupakan sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memberi kebanggaan bagi Kementerian Perhubungan karena telah berhasil meraih penghargaan ASN Inspiratif 2018. Slamet telah bekerja selama 34 tahun dan hingga saat ini masih mengabdi menjadi Penjaga Menara Suar. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai bertemu dengan Pegawai Penjaga Menara Suar Slamet Riyadi di Jakarta, Selasa (18/12).

“Saya memberi apresiasi kepada Bapak Slamet yang telah bekerja keras menjadi Penjaga Menara Suar selama 34 tahun dan bahkan hingga sekarang. Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah, apalagi pekerjaan ini membuat Pak Slamet jauh dari keluarga dan ditempatkan di tempat terpencil. Tapi kerja keras Pak Slamet tidak sia-sia, beliau mampu membuat bangga Kementerian Perhubungan melalui penghargaan yang berhasil diraih,” kata Menhub.

Menhub juga menuturkan bahwa semangat bekerja harus tetap ditingkatkan. Meskipun berbagai kendala dan tantangan yang kerapkali dirasakan.

“Tetap semangat dan sukses selalu. Pertahankan kerja keras yang telah diberikan untuk negara. Ini merupakan tugas mulia. Keluarga pasti akan sangat bangga dan tetap ikhlas melakukan kewajiban dan tanggung jawab ini,” tutur Menhub.

Slamet Riyadi merupakan sosok yang terpilih menjadi ASN Inspiratif 2018. Saat ini Slamet menjadi Penjaga Menara Suar di Cimiring, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Slamet menjadi Penjaga Menara Suar sejak tahun 1984, setelah lulus dari STM. Pada 2007, Slamet dipindahkan ke Distrik Navigasi Kelas III Cilacap, Jawa Tengah.

Lokasi Menara Suar Cimiring cukup terpencil, butuh berjalan kaki satu jam lebih dengan mendaki jalanan terjal dan berliku untuk sampai. Selain itu, hutan tropis Nusakambangan masih dihuni oleh binatang buas seperti harimau kumbang. Tantangan dalam bekerja tak hanya itu saja, Slamet pun harus tinggal berjauhan dengan keluarga. Perjuangan Slamet Riyadi ini, mendorong Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengusulkan Slamet Riyadi menjadi salah satu nominasi 52 ASN Inspiratif 2018 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (BNK/RDL/CA/HA)