PANGANDARAN - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (12/11) pagi mengunjungi Bandara Nusawiru di Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Kunjungan Menhub Budi kali ini selain untuk membicarakan tentang rencana pengembangan Bandara Nusawiru juga membicarakan tentang adanya obstacle dari proyek pembangunan Pelabuhan Laut Bojong Salawe. Menurut Menhub wilayah Jawa Bagian Selatan merupakan daerah yang sangat potensial, oleh karena itu menjadi suatu keharusan bagi pemerintah untuk memberikan ruang bagi daerah Pangandaran.

"Jawa Bagian Selatan selain potensial untuk dikembangkan sebagai wisata juga berpotensi untuk mendukung logistik nasional baik perikanan maupun pertanian lainnya, oleh karena itu pemerintah harus memberikan ruang bagi daerah Pangandaran dan sekitarnya agar mendapatkan aksesibilitas", ujar Menhub.

Pada kunjungan ke Pangandaran, Menhub melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang telah tiba terlebih dahulu di Pangandaran. Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati, Kadishub Provinsi Jawa Barat Dedy Taufik, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Terkait dengan Bandara Nusawiru, Menhub mengatakan bahwa Bandara ini harus diberi kesempatan untuk dibuka aksesnya ke kota-kota lain seperti Jakarta, Yogyakarta, Bali dan sejumlah kota lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi dan Menteri KKP Susi juga sempat meninjau lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Laut Bojong Salawe yang hanya berjarak 1 kilometer dari Bandara Nusawiru. Menhub menjelaskan bahwa saat ini memang ada obstacle atau hambatan terhadap lalu lintas penerbangan di Bandara Nusawiru berupa crane proyek pembangunan Pelabuhan Bojong Salawe, akan tetapi Menhub menjelaskan bahwa obstacle ini tidak membahayakan penerbangan.

"Obstacle yang ada di pelabuhan Bojong Salawe bersifat temporer saat konstruksi, nanti jika pelabuhan sudah jadi, ada crane kecil di pelabuhan ini tidak berbahaya", jelas Menhub.

Menhub berharap Bandara Nusawiru nantinya dapat menjadi bandara yang lebih besar, "Bandara Nusawiru akan menjadi suatu bandara yang lebih besar bahkan suatu saat saya berharap pesawat sekelas Boeing 737 dapat mendarat di sini, itu jangka menengah", harap Menhub.

Kemenhub Serahkan Sertifikat Bandara Nusawiru

Pada kesempatan yang sama Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo menyerahkan Sertifikat Bandara Nusawiru kepada Pemprov Jawa Barat melalui Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik. Bandara Nusawiru saat ini dikelola oleh Pemprov Jawa Barat.

Dengan diserahkannya Sertifikat Bandara Nusawiru maka saat ini Bandara Nusawiru telah dapat beroperasi namun dengan catatan dikarenakan adanya obstacle, maka hanya boleh dari satu sisi.

"Saya ingin Bandara Nusawiru tetap beroperasi tapi sementara dari satu sisi dulu", tegas Menhub.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku senang dengan adanya kunjungan kerja Menhub Budi ke Pangandaran.

"Saya senang pak Menhub datang, semoga proyek di Jawa Bagian Selatan yang sudah mangkrak dapat segera selesai", harapnya. (BN)