JAKARTA - Mendekati masa angkutan Lebaran, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana akan membuka rute angkutan laut dari Tanjung Priok-Tanjung Perak, Semarang, Jawa Tengah. Hal ini disampaikan Menhub usai meninjau Kapal Ro-Ro lintas Tanjung Priok - Panjang Lampung di dermaga Ex Presiden, Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (19/4) sore.

"Kita rencanakan ini ada beberapa kapal (angkutan orang) yang akan ke Semarang selama masa Lebaran 2017, tetapi kalau untuk yang logistik kita akan gunakan untuk ke Surabaya, tapi untuk Lebaran khususnya kita akan bicara sama teman-teman (operator) untuk menuju ke Semarang," kata Menhub Budi.

Hal ini kata Budi dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada masa Angkutan Lebaran berlangsung. Untuk ini Menhub menargetkan rute ini sudah beroperasi sebelum masa puasa.

"Kalau barang saya yakin tidak masalah yang angkutan penumpang ini yang harus dilakukan pengamatan supaya kita bisa melayani masyarakat dengan baik, kita maunya sebelum puasa," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Menhub juga menjelaskan, terkait pengoperasian Ro-Ro lintas Tanjung Priok-Panjang Lampung menurutnya sudah membuat para pengusaha angkutan truk gembira. Ini dikarenakan biaya pengangkutan yang sangat kompetitif.

"Lintas Priok-Panjang ini kan nikmat banget, harga sudah kompetitif, sudah girang banget asosiasi (angkutan truk)," ucapnya disambut tawa para pengusaha truk.

Lanjutnya, pemerintah terus mendukung Ro-Ro digunakan sebagai angkutan pengangkut truk untuk mengurangi beban jalan yang saat ini menurutnya sudah berlebih. Untuk mendorong itu Menhub akan memperkuat aturan jembatan timbang. Public Service Obligation (PSO) hanya diberikan jika benar-benar dianggap diperlukan. (GD/TH/BS/JAB)