Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Menhub : Tol Udara Tekan Biaya Logistik di Pegunungan Papua

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 22 September 2016
Jumlah Dilihat: 694 kali

ILAGA, PAPUA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan rangkaian kunjungan ke Papua Kamis (22/9). Menhub tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika dan sempat melakukan peninjauan di bandara kemudian bertolak menuju Ilaga di Kabupaten Puncak.

Di Ilaga Menhub disambut dengan tarian dan prosesi adat yang dipimpin Bupati Puncak, Willem Wandik. Warga puncak tampak antusias menyampaikan berbagai usulan dan aspirasi mereka.

Dalam sambutannya, Menhub menyampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan izin untuk pengoperasian pesawat yang dibeli oleh Pemkab Puncak, dengan catatan harus dilakukan pengecekan berkala. Sedangkan untuk menunjang infrastruktur, Kemenhub akan menambah panjang runway. "Kita harapkan di tahun 2016 sudah mulai bekerja. Kemenhub akan dukung dan dikawal oleh Dirjen Perhubungan Udara," kata Menhub.

Hal tersebut lanjut Menhub, yang akan diberikan Pemerintah melalui Kemenhub untuk mendorong kemajuan pariwisata di Kabupaten Puncak, Ilaga dan Papua pada umumnya. Serta dapat mensejahterakan masyarakat pegunungan di Kabupaten Puncak.

Menhub juga menyampaikan tahun ini Kemenhub sudah mencanangkan tol udara. Untuk itu akan dikaji subsidi untuk wilayah Papua, dimana dimungkinkan adanya tambahan pesawat terbang ke Ilaga dan daerah-daerah terpencil lainnya."Prinsipnya Pemerintah akan men-support konektivitas dan menekan mahalnya biaya logistik di Papua," kata Menhub yang turut didampingi Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo. (SNO)