Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Menhub : Pengoperasian Terminal 3 Internasional Berjalan Dengan Lancar

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Selasa, 02 Mei 2017
Jumlah Dilihat: 1659 kali

TANGERANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan dan kelancaran perpindahan pengoperasian penerbangan rute internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta hari pertama.

"Saya ucapkan selamat kepada Garuda Indonesia dan Angkasa Pura II yang sudah berhasil melakukan kegiatan pengoperasian Terminal 3 dengan lancar," ujar Menhub di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada Senin (1/5).

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta melalui penerbangan GA 835 Singapura-Jakarta yang mendarat pukul 18.30. Dengan didampingi oleh Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury, Direktur AP II Muhammad Awaludin, Direktur AirNav Novie Riyanto, Dandim 05/06 Tangerang Muhammad Imam Gogor, Menhub Budi melakukan pengecekan terhadap pelayanan dengan mengikuti prosedur alur kedatangan sebagai penumpang mulai pengecekan imigrasi sampai dengan pengecekan barang pada bea cukai.

"Garuda Indonesia sebagai flag carrier kebanggaan Indonesia, oleh karenanya kita secara cermat melakukan suatu pengamatan yang detail berkaitan dengan apa yang harus dipersiapkan mulai dari imigrasi, airnav, bea cukai agar penerbangan berjalan dengan baik," jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan melalui proses pengoperasian yang baik pada Terminal 3 rute internasional dapat meningkatkan beberapa hal diantaranya, level of service, level of security dan level of safety.

"Dengan adanya proses yang baik ini, saya yakin dunia penerbangan dapat mewujudkan nawacita dimana kita berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan ekonomi dari bangsa ini," kata Menhub.

Senada dengan Menhub, Dirjen Hubud juga menyampaikan bahwa pengoperasian Terminal 3 merupakan perwujudan Nawacita. "Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam Nawacita yaitu kemandirian ekonomi melalui proses pembangkitan ekonomi yang strategis. Dunia penerbangan merupakan titik strategis perkembangan ekonomi," ujar Agus.

Menhub juga menambahkan Jakarta merupakan suatu titik penting bagi konektivitas internasional. Untuk itu Menhub berpesan kepada Dirjen Hubud, pengelola bandara, airline serta navigasi agar dapat meningkatkan pergerakan serta mengefisienkan pergerakan internasional.

"Kita akan menaikkan porsi penerbangan internasional menjadi 40% yang tadinya 15-20%, contohnya dengan penambahan rute baru karena secara tidak langsung memberikan perkembangan pada turis yang datang. Kita menjadikan turis sebagai usaha yang paling instan dan cepat untuk menghasilkan devisa serta pertumbuhan ekonomi yang baik," jelas Menhub.

Sebagai informasi, Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta telah resmi melayani penerbangan rute internasional yang diawali dengan keberangkatan GA 824 rute Jakarta–Singapura pada pukul 06:10 WIB dan penerbangan kedatangan GA 823 rute Singapura–Jakarta pada pukul 08:15 WIB. Jumlah penerbangan Garuda Indonesia sendiri berjumlah 24 flight keberangkatan dan 26 flight kedatangan.

Seluruh Penerbangan Internasional Pindah Ke Terminal 3 Pada Bulan Agustus.

Setelah beroperasinya penerbangan rute internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada awal Mei ini, AP II juga akan memindahkan penerbangan 8 maskapai sky team dari Terminal 2 ke Terminal 3 pada bulan Juni dan sisanya sekitar 25 airlines lainnya akan berpindah paling lambat pada awal Agustus.

"Semua maskapai penerbangan internasional sudah berpindah ke Terminal 3 pada akhir Juli atau awal Agustus, sehingga Terminal 3 siap beroperasi dengan kapasitas 25 juta traffic passenger/tahun," jelas Direktur AP II Muhammad Awaluddin.

Pada tahap awal, Terminal 3 akan melayani penerbangan internasional Garuda Indonesia dengan jumlah boarding gate sebanyak 6 gate.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury berharap pemindahan Garuda Indonesia ke Terminal 3 ini dapat meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang diantaranya dengan jumlah counter check-in yang lebih banyak dibanding di Terminal 2.

"Ini merupakan upaya dari kita untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada para penumpang karena dari sebelumnya kita hanya memiliki 13 counter check-in di Terminal 2, saat ini kita sudah memiliki 26 counter check-in di terminal 3," ujar Pahala.

Fasilitas lainnya yang diberikan adalah kapasitas lounge yang jauh lebih besar untuk dapat menampung penumpang yang menunggu keberangkatan di Terminal 3.

Kedepan seluruh pihak berharap dengan fasilitas yang disediakan pada Terminal 3 dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang dengan lebih baik lagi.

"Satu hari lancar, Insya Allah kedepannya akan berjalan dengan lancar," tegas Menhub. (LFH/TH/BS/JAB)