(Jakarta, 8/8/2011) “Inti dari kampanye Eco-Riding adalah mengembalikan etika transportasi karena sudah banyak yang meninggalkannya,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pada Diskusi  Eco-Riding di Restoran Bebek Bengil, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8).
 
Wamenhub menambahkan kecelakaan yang melibatkan sepeda motor di Indonesia sekarang ini mencapai 70 persen. Harapannya, dengan konsep berkendara ramah lingkungan (Eco-Riding) ini jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor tersebut bisa menurun.
 
Saat ini, populasi sepeda motor di Indonesia mencapai 50 juta unit. Jadi, setiap keluarga Indonesia, rata-rata punya satu sepeda motor. Selain itu, Wamenhub menyebutkan, dari 80 rumah tangga di Indonesia dipastikan juga punya sepeda motor. “Menurut survei 80 persen keluarga di Indonesia yang mempunyai mobil juga memiliki motor,” tuturnya.
 
Di akhir sambutannya Wamenhub menyatakan ada lima hal yang akan diperoleh dari diterapkannya konsep Eco-Riding ini yaitu keselamatan pengendara akan lebih terjamin, lingkungan yang lebih bersih karena bebas emisi, penghematan energi bahan bakar,kesehatan masyarakat meningkat dan sistem transportasi yang lebih baik. (HH)