Samosir - Kehadiran kapal Motor Ihan Batak yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan melalui APBN Tahun Anggaran 2017-2018 untuk melayani angkutan penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Sumatera Utara mendapat respon positif dari masyarakat sekitar danau toba.

Kapal berbobot 300 Gross Tonnage (GT) tersebut sempat dinaiki oleh Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, dari Pelabuhan Ajibata, Parapat ke Pelabuhan Ambarita, Pulau Samosir pada Selasa (30/7).

Masyarakat menilai bahwa dengan telah beroperasinya KM Ihan Batak, sangat membantu mereka dalam memudahkan mobilitasnya sehari-hari dan mereka merasa aman dan nyaman karena kapal tersebut telah dibangun dengan standar keselamatan yang memadai.

"Semenjak ada KM Ihan Batak ini sangat membantu saya dalam melakukan penyebrangan. Kapal nya juga nyaman dan enak, " ucap Leo (22 tahun) salah seorang penumpang Kapal Ihan Batak yang menyeberang dari Pelabuhan Ambarita, Pulau Samosir menuju Pelabuhan Ajibata, Parapat, Rabu (31/7).

Leo merupakan salah satu penumpang dari generasi milenial yang rutin menggunakan KM Ihan Batak untuk melakukan kegiatannya. Selain Leo, ada pula bapak Ringgo (50 tahun), seorang penumpang yang membawa kendaraan untuk menyeberang. Ia merasa sangat senang dengan kehadiran KM Ihan Batak ini.

"Pengalaman saya naik kapal ini sangat bagus, enak lengkap semua fasilitasnya, ada yang ac, vip. Sangat mudah dan membantu untuk kita sebagai pengendara mobil," ucap Ringgo.

Dengan adanya tanggapan positif dari masyarakat, para petugas kapal atau yang biasa disebut ABK (anak buah kapal) menjadi semangat dalam melakukan pelayanan terbaik. Salah satu ABK bernama Harto Samosir mengharapkan respon positif ini juga diikuti dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan merawat KM Ihan Batak.

"Kalau masyarakatnya bisa menjaga kebersihan dan merawat KM Ihan Batak kami sangat senang," kata Harto.

Sebagai informasi kepada masyarakat Danau Toba, Sumatera Utara yang ingin menyebrang ke Pulau Samosir menggunakan KM Ihan Batak bisa membeli tiket langsung ke Pelabuhan Ajibata.

Jadwal KMP Ihan Batak dari Pelabuhan Ajibata - Pelabuhan Ambarita, Samosir : 8.00 WIB ,11.00 WIB,14.00 WIB,17.00 WIB. Dari Pelabuhan Ambarita, Samosir - Pelabuhan Ajibata: 9.30 WIB, 12.30 WIB, 15.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Harga tiket KM Ihan Batak untuk perorangan sebesar Rp. 9000. Untuk kendaraan mobil kecil dipatok harga Rp. 135.000 tapi semua orang yang ada di dalam mobil sudah termasuk di dalamnya. KM Ihan Batak mulai beroperasi sejak 27 Desember 2018 dan mempunyai kapasitas hingga 280 penumpang dan 32 unit mobil.

Pengadaan kapal penyeberangan KM Ihan Batak merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan untuk mewujudkan angkutan penyeberangan yang berkeselamatan sekaligus untuk mendukung aksesibilitas di Danau Toba yang menjadi salah satu dari 10 daerah yang diprioritaskan sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

Selain kapal Ihan Batak, Kemenhub akan membangun 4 kapal lagi sampai tahun 2020, dengan total investasi 122 Milyar Rupiah (APBN), diantaranya : 2 (dua) Kapal Penyeberangan masing-masing 300GT dan 200 GT yang akan selesai pada tahun 2019 dan 2020, dan 2 (dua) Bus Air yang akan selesai pada tahun 2020.(LKW/RDL/YSP/HA)